4 Bisnis Online Yang Laris Manis Di Bulan Ramadhan

4 Bisnis Online Yang Laris Manis Di  Bulan Ramadhan
Berita UKM Nasional Dunia UKM Iklan UKM Tips Bisnis

 Bulan Ramadhan, yang merupakan bulan puasa, bukan berarti membuat aktivitas anda yang menjalankan ibadah puasa khususnya jadi menurun. Bagi para pelaku industri kreatif, khususnya di dunia bisnis online, bisa jadi bulan penuh berkah ini juga menjadi berkah bagi omzet anda.

Indiekraf, mencoba merangkum sejumlah bisnis online yang siap kebanjiran order di bulan Ramadhan yang bisa jadi sampingan, atau bahkan bisnis baru bagi anda. Wah apa saja ya, simak ulasannya berikut ini:

1. Catering sehat
Bicara bulan Ramadhan tidak bisa lepas dari yang namannya kuliner. Ya, bulan puasa selalu jadi momentum panen, bagi para pebisnis kuliner.

Nah, bagi anda yang juga doyan ngulik masakan di dapur, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu bulan Ramadhan ini untuk memulai bisnis kuliner. Salah satunya adalah catering makanan sehat.

Khususnya untuk anda yang tinggal di kota besar, tentu kesibukan para kaum pekerja, membuat mereka kesulitan menemukan waktu untuk memasak sendiri di rumah, mau beli makanan untuk berbuka dan sahur, juga kadang sudah malas karena capek dengan rutinitas di tempat kerja.

Disinilah peluang anda untuk bisa membuat usaha catering selama bulan puasa. Namun, hidangan yang disajikan bukan hidangan biasa, melainkan menu kuliner sehat/ organic, yang saat ini tengah digandrungi kaum milenial.

Buatlah sebuah menu set yang sederhana, enak dan menarik untuk 30 hari, kemudian manfaatkan gawai anda untuk mencari pelanggan setia. Bila bisnis ini berjalan lancar, bisa jadi bukan saja di bulan puasa, namun berlanjut ke bulan — bulan berikutnya sebagai lini bisnis maksimal anda.

2. Foto/ desain ucapan selamat Puasa dan Idul Fitri
Nah, bagi anda yang punya kemampuan fotografi/videografi dan desain, maka bulan Ramadhan ini juga bisa jadi momentum spesial untuk mengasah skill anda dan mengkonversi nya menjadi lembaran rupiah, yang tentu lumayan untuk berlebaran bersama handai taulan di kampung halaman.

Momentum lebaran adalah momen spesial bagi nyaris semua orang di Tanah Air. Sehingga banyak dari mereka ingin saling berbagi momen bahagia tersebut, dengan relasi dan saudara. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk ucapan.

Ucapan ini bisa diwujudkan dalam bentuk manual (cetak) yang dikirim dalam bentuk fisik, atau juga gambar/ video/ animasi sederhana yang bisa dikirimkan secara online.

Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi yang membantu user untuk bisa membuat sendiri foto/video menjadi ucapan, namun tentu bentuk nya seragam. Dan banyak diantara konsumen yang menginginkan dalam bentuk yang berbeda dan full customized. Sehingga disinilah peluang besar anda, penghobi desain dan foto/ videografi.

Anda bisa membuat paket ucapan dengan harga yang menarik dengan segmen adalah pasangan muda, mahasiswa, pekerja level pemula, sehingga anda bisa menjangkau banyak konsumen di level awal.

3. Hantaran/ Hampers
Pada level yang berbeda, berbagi kebahagiaan di momen puasa dan lebaran, juga sering diwujudkan lewat hantara, atau yang biasa disebut dengan hampers atau parcel.

Bagi anda semua yang punya kemampuan untuk melakukan penataan cantik pada hantaran dan parcel, tentu saja Ramadhan bisa jadi momen spesial untuk mengkonversi skill anda menjadi sebuah pendapatan.

Mulai pra Ramadhan ini, anda bisa mulai memasarkan bisnis anda, dan mulai mencari ciri khas desain untuk antaran yang berbeda dan menarik perhatian calon konsumen,

Anda bisa menawarkan paket hampers dengan harga hemat, karena dengan level bisnis yang masih pemula, anda akan memasuki level pasar dasar. Dimana keluarga muda, pelajar dan mahasiswa, jadi calon konsumen dan pasar terbaik anda.

4. Kurir Freelance
Bisnis kurir memang secara general sudah tidak terlalu “gurih” lagi, dengan adannya banyak pemain besar yang bermunculan. Namun, kami yakini di bulan Ramadhan bisnis kurir masih akan menunjukkan geliatnya bagi banyak orang.

Dengan di bulan Ramadhan banyak bisnis online yang berjalan, seperti online shop dan juga kuliner, tentu volume pengiriman akan meningkat drastis. Sehingga tentu tidak semua bisa ter-cover dengan baik oleh jasa pengantaran dengan nama besar yang sudah jadi pemain lama.

Jika anda, mungkin ada banyak waktu kosong di bulan Ramadhan, bisa jadi menjadi kurir melalui pemasaran online akan jadi sampingan yang pas bagi anda.

Bukan hanya melayani pengiriman berbagai barang, namun anda juga bisa melakukan pelayanan tambahan, seperti membelanjakan bahan makanan untuk dimasak para ibu yang juga bekerja, atau juga membelikan hidangan kuliner untuk berbuka dan sahur.

Selain keuntungan finansial, menjadi kurir online freelance selama Ramadhan juga bisa membuka lebih banyak relasi bagi anda, yang bisa jadi berguna dalam langkah bisnis anda selanjutnya, di luar bulan puasa.

Nah, bagaimana pembaca, apakah ada diantara beberapa bisnis di atas yang sesuai dengan skill anda dan menarik untuk dilakukan, atau mungkin anda punya ide bisnis lain yang bisa dibagikan dengan kami? Silahkan tinggalkan pendapat anda pada kolom komentar di bawah.

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA