Tips Mencegah Perselisihan Dengan Rekan Bisnis

Tips Mencegah Perselisihan Dengan Rekan Bisnis
Dunia Kerja Karyawan Bisnis

Tips Mencegah Perselisihan Dengan Rekan Bisnis – Bekerja sama dengan rekan bisnis dalam membangun sebuah usaha menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Baiknya hubungan dengan rekan bisnis juga terkadang dapat menjadi penentu berlangsungnya usaha. Bila hubungan dengan rekan bisnis terpelihara dengan baik, usaha pun akan lancar karena dibangun atas dasar kekompakan. Namun, kadangkala tentu menemukan adanya perselisihan – perselisihan antara pelaku usaha dengan rekan bisnisnya.

Perselisihan – perselihan tersebut biasanya terjadi karena adanya kesalahpahaman ataupun tuduhan – tuduhan tertentu karena lunturnya kepercayaan di antara masing-masing orang. Hal ini menjadi maklum, karena bisnis tentu orientasinya lekat dengan uang, dan besarnya penghasilan menjadi pemicu adanya gesekan antar pribadi maupun kelompok, yang berimbas pada perselisihan dengan rekan bisnis. Bersamaan dengan ulasan ini, berikut beberapa tips untuk mencegah perselisihan dengan rekan bisnis:

  • Menumbuhkan rasa saling percaya satu sama lain

Berbicara mengenai bisnis, tentu erat kaitannya dengan pundi – pundi uang. Bila terjun dalam dunia tersebut, setidaknya terlebih dahulu harus menumbuhkan rasa saling percaya pada rekan bisnis.  Pastikan bahwa anda dan rekan bisnis sama – sama berkomitmen untuk tidak menyalahgunakan kepercayaan yang telah disepakati bersama. Tanamkan jiwa saling menghargai demi kebaikan bersama, bahwa apa yang sedang dirintis bersama adalah untuk menguntungkan seluruh pihak dan tidak ada satupun yang akan dirugikan.
  • Hargai Perbedaan Pendapat

Menyatukan dua atau lebih pemikiran yang berbeda, terkadang cukup sulit dilakukan. Penyesuaian maksud dan tujuan satu sama lain merupakan tantangan tersendiri dalam sebuah kerja tim. Dalam mengerjakan sesuatu secara bersamaan pula, seringkali terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan – perbedaan pendapat tersebut dapat berdampak buruk, antara lain dapat menimbulkan perselisihan yang akhirnya mengakibatkan hancurnya hubungan dengan rekan bisnis. Untuk itu, sebaiknya anda berusaha untuk selalu mengedepankan rasa saling menghargai pendapat satu sama lain sekalipun itu berbeda.
  • Jangan terburu – buru menilai, apalagi menghakimi rekan kerja

Rekan bisnis akan menjadi orang terdekat dalam ruang lingkup pekerjaan. Untuk itu, perlu dijaga hubungan dengan rekan bisnis sebaik – baiknya. Selain menumbuhkan kepercayaan, anda juga perlu menumbuhkan prasangka baik satu sama lain. Sebetulnya, rasa percaya dan prasangka baik ini saling berkaitan. Apabila rasa percaya terhadap rekan bisnis sudah tumbuh, maka prasangka baik akan mengikuti. Begitu juga bila prasangka baik sudah tumbuh, tandanya anda telah memiliki kepercayaan lebih pada rekan tersebut.
  • Jika marah satu sama lain, usahakan berbaikan secepat mungkin

Memiliki permasalahan baik kecil maupun besar dengan rekan kerja, merupakan hal buruk yang sering ditemui oleh kebanyakan orang. Permasalahan yang timbul bisa jadi disebabkan karena salah paham, berbeda pendapat, hasutan, ataupun rasa egois dari masing – masing. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya anda mengontrol ego untuk menyesuaikan dengan keadaan pada hubungan pertemanan.
Selalu berbuat baik dan berpikir positif pada rekan kerja, setidaknya dapat membantu anda untuk mencegah terjadinya perselisihan. Saling percaya dan tidak saling mengganggu juga dapat diterapkan untuk menumbuhkan rasa solid dalam pekerjaan.

Tentang Isti RWD