Kelebihan Bekerja di Rumah

Kelebihan Bekerja di Rumah
Dunia Kerja

Kelebihan Bekerja di Rumah – Mari semak adakah bekerja dari rumah adalah sesuai untuk anda! Melalui dunia atas talian masa kini, tidak lagi sukar untuk memperolehi mata pencarian dari rumah. Terdapat banyak pilihan untuk menjana pendapatan secara atas talian tanpa perlu meninggalkan keselesaan di rumah melalui kaji selidik atas talian sehinggalah ke pekerjaan kemasukan data. Namun begitu, walaupun bekerja dari rumah kelihatan seperti pekerjaan impian terdapat juga kelebihan bekerja dari rumah.

1. Bebas bos

Tidak akan ada orang yang dapat memerintah selama Anda bekerja sendiri di rumah. Anda bisa bekerja kapan saja dengan kondisi apa saja, tanpa perlu menyenangkan bos. Dengan suasana bebas, ide-ide Anda juga akan semakin mudah untuk dikembangkan. Kemajuan usaha Anda sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi, sehingga dibutuhkan tekad dan kedisiplinan untuk melaksanakannya. Bekerja di rumah sangat cocok bagi orang-orang yang berjiwa merdeka dan memiliki kreativitas serta mimpi yang tinggi. Apabila Anda bekerja di kantor, gaji yang Anda terima ditentukan oleh bos. Dengan bekerja di rumah lewat usaha yang dibangun oleh sendiri, Anda bebas menentukan gaji dan biaya yang harus dikeluarkan untuk investasi selanjutnya.

2. Bebas gangguan dari rekan kerja

Fokus sangat diperlukan ketika sedang bekerja. Bekerja di rumah tidak membutuhkan banyak rekan kerja seperti di kantor, sehingga tidak akan mengganggu fokus dan produktivitas Anda. Berbagai gangguan, interupsi serta perbincangan ringan tidak perlu dihadapi dan dipermasalahkan. Bahkan Anda tidak harus menghadiri rapat yang menghabiskan banyak energi karena membutuhkan persiapan mental dan fisik. Namun meskipun gangguan kantor dapat dihindari dengan bekerja di rumah, gangguan yang berbeda mungkin dapat muncul tiba-tiba. Interupsi dari anak-anak, tetangga, teman, keluarga juga dapat sangat mengganggu. Oleh karena itu, pendekatan khusus harus dilakukan untuk membuat mereka tahu bahwa Anda benar-benar bekerja dan tidak boleh diganggu dalam jam kerja.

3. Bebas macet

Berbagai tuntutan pekerja kantoran mengharuskan Anda berangkat kerja pagi dan pulang malam sehingga banyak waktu terbuang di perjalanan. Bahkan rata-rata orang yang bekerja di kantor menghabiskan antara 2-4 jam per hari untuk melakukan perjalanan dari rumah ke tempat mereka bekerja. Kemacetan di kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta dapat memperburuk keadaan karena membuang sangat banyak waktu produktif dan mengakibatkan stress berkepanjangan. Bekerja di rumah dapat menghemat banyak waktu dan meningkatkan produktivitas berbagai usaha yang sedang Anda kerjakan. Fokus Anda untuk mengembangkan usaha sendiri juga menjadi lebih intens karena konsentrasi tidak terpecah-pecah seperti ketika sedang di perjalanan. Bekerja di rumah selain dapat mengurangi pengeluaran untuk perjalanan dapat juga mengurangi pengeluaran biaya yang pembelian makanan dan pakaian untuk bekerja di kantor.

4. Tidak ada aturan formal

Kesuksesan bisnis Anda di rumah bisa dicapai tanpa harus menuruti aturan formal. Anda bisa melanggar semua aturan kerja perkantoran dan tetap menghasilkan uang dengan menjalankan usaha sendiri di rumah. Anda bisa memilih ruangan rumah manapun sebagai tempat Anda bekerja, mulai dari di kamar tidur hingga mungkin di ruang tamu. Bahkan Anda dapat mengatur desain ruangan sebebas mungkin sesuai dengan keinginan Anda karena tidak perlu merasa rikuh dengan pendapat rekan kerja lain seperti saat bekerja di kantor. Idealnya, Anda membuat ruang kerja terpisah dari ruangan di rumah yang menjadi pusat kegiatan keluarga agar tidak terganggu aktivitas para penghuni rumah lainnya saat Anda sedang bekerja.

Bekerja di rumah dalam waktu yang ditentukan sendiri membutuhkan disiplin tinggi agar dapat dilaksanakan menurut jadwal yang telah dibuat. Pastikan Anda memiliki jadwal kerja mingguan yang dikelompokkan menjadi daftar pekerjaan per hari. Jadwal dengan tipe ini dapat memudahkan Anda memetakan pekerjaan. Tanpa adanya jadwal, pekerjaan Anda akan terus menumpuk dan masih tetap harus bekerja di akhir pekan dan di hari libur. Syarat utama bekerja dari rumah adalah harus diatur jadwal bekerja yang memiliki manajemen waktu yang baik, sehingga Anda tidak akan kerepotan dalam menghadapinya.

5. Lebih fleksibel

Fleksibilitas adalah faktor penting untuk mencapai kesuksesan dalam bekerja. Jam kerja, kondisi lingkungan, bahkan suasana hati dapat diatur hingga Anda benar-benar merasa cocok apabila bekerja di rumah. Berkurangnya stres dan tekanan dari pekerjaan dapat membuat Anda lebih semangat dan cepat dalam menyelesaikan deadline pekerjaan. Situasi kerja yang fleksibel dapat membuat Anda merasa lebih bahagia menghadapi pekerjaan dan semakin produktif melakukan inovasi. Dengan fleksibilitas tinggi, Anda harus mengerjakan usaha yang sesuai panggilan jiwa sehingga dapat mencapai banyak kesuksesan. Salah satu usaha paling fleksibel yang dapat dikerjakan di rumah adalah jasa adalah toko online.

Keuntungan dari berbisnis toko online adalah Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang yang hendak dijual. Pemasaran hanya dengan mempromosikan barang yang Anda jual di media sosial Facebook, Twitter atau Google+. Apabila ada peminat barang yang menguhubngi, biasanya pihak penjual pertama yang akan langsung mengirimkannya ke alamat pembeli dan pembayaran dilakukan secara online. Bisnis kantor virtual saat ini juga berkembang pesat di Indonesia dan manca negara. Bisnis ini adalah pilihan favorit untuk dikerjakan di rumah. Kantor virtual juga dapat menghemat ongkos transport dan waktu bekerja. Lowongan pekerjaan untuk layanan kantor virtual dapat dipilih sesauai dengan pengalaman dan minat kerja Anda.

6. Memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga

Salah satu tujuan utama orang yang bekerja di rumah adalah agar dapat mengurus keluarga tanpa dibebani oleh rasa bersalah karena terlalu banyak bekerja di luar. Dengan bekerja di rumah, Anda dapat menemui keluarga kapan pun. Bagi banyak orang, kedekatan fisik kepada keluarga dapat meringankan beban hidup. Penghasilan dari bekerja di rumah dapat digunakan untuk membiayia liburan bersama pasangan, iuran sekolah anak, atau keperluan mendesak lain seperti ketika ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit dan memerlukan biaya cukup banyak untuk pengobatan. Bekerja di rumah dapat sangat menguntungkan jika Anda sedang merawat anggota keluarga yang sakit, lansia atau bayi.

Buatlah laptop dan telepon genggam untuk bekerja tidak mengganggu komunikasi dengan keluarga Anda. Jadwalkan penyesuaian kerja yang tepat untuk mendapatkan manfaat terbesar yang saling menguntungkan dalam bekerja dan mendampingi anak, misalnya menyelesaikan pekerjaan dua jam lebih awal akan lebih baik dari pada dua jam mendampingi anak setelah pulang kerja. Bekerja di rumah juga dapat menjadi kesempatan orangtua untuk mendidik anak-anaknya. Selama bekerja, anak-anak dapat belajar mengenai cara dan etos kerja yang baik dari orangtua mereka.

Tentang Isti RWD