Kebiasaan Orang-orang Sukses yang Mereka Lakukan Diam-diam

Kebiasaan Orang-orang Sukses yang Mereka Lakukan Diam-diam
Dunia Kerja Kisah Sukses

Kebiasaan Orang-orang Sukses yang Mereka Lakukan Diam-diam – Orang-orang sukses tidak meraih keberhasilan begitu saja. Mungkin mereka harus bekerja sepuluh kali lipat dari orang biasa. Atau rela memangkas kesenangan demi pekerjaan. Tentu Anda melihat bahwa orang-orang sukses di sekitar Anda memiliki atmosfer yang berbeda. Biasanya mereka terlihat lebih percaya diri, lebih sigap, dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Keunggulan itu terbentuk berkat kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Kesuksesan berusaha dihadirkan dalam segala kegiatan secara diam-diam. Dengan demikian, kemampuan dan pemikiran hebat mereka makin berkembang. Berikut ini adalah kebiasan orang sukses yang bisa Anda contoh:

  • Memiliki jadwal yang ketat dan sedikit aneh

Biasanya, orang sukses memiliki otak yang tak henti-hentinya bekerja. Beragam rencana terbentuk dengan cepat. Mereka harus mengimbanginya dengan tindakan yang cepat pula supaya semua rencana dapat direalisasi. Oleh karena itu, waktu sangat berharga. Kegiatan yang tak penting musti ditinggalkan. Sedangkan kegiatan yang penting perlu diakali supaya lebih efisien. Begitu pula dalam mengambil keputusan, tak boleh bimbang berlama-lama.

Tak heran orang sukses memiliki jadwal yang ketat. Setiap menit berusaha dimanfaatkan dengan maksimal. Hal-hal yang penting diprioritaskan. Begitu selesai satu pekerjaan, lanjut dengan pekerjaan lainnya. Bahkan kegiatan makan dan janji temu klien bisa dilakukan berbarengan. Bagaimana dengan tidur? Biasanya orang sukses memiliki jam tidur yang sedikit, kurang dari lima jam. Waktu tidur dan waktu bekerja bisa dilakukan terbalik. Jika orang biasa tidur di malam hari dan bekerja di siang hari, maka orang sukses tidur di siang hari dan bekerja di malam hari. Hal itu dilakukan untuk menghindari keributan supaya bisa berkonsentrasi lebih baik.

  • Kemampuan untuk menilai orang lain hanya dalam beberapa detik setelah menemui mereka

Pekerjaan tak lepas dari interaksi dengan orang lain. Supaya sukses, sebaiknya Anda bekerja sama dengan orang-orang sukses pula, atau orang yang memiliki potensi sukses. Hal itu bisa dilihat pada perjumpaan pertama. Biasanya orang sukses memiliki mata yang jeli. Mereka bisa menilai orang hanya dari pakaian, cara bicara, cara bergerak dan hal-hal kecil lainnya. Kemampuan itu diraih berkat pengalaman berinteraksi dengan berbagai macam orang.

Biasanya orang berpotensi sukses berjalan dengan tegap dan percaya diri. Apabila berkenalan, jabat tangannya mantap. Sorot matanya cerdas dan argumennya tak berbelit-belit namun tepat sasaran. Sedangkan orang lemah memiliki ciri-ciri sebaliknya: selalu kelihatan gelisah, berjalan membungkuk, jabat tangannya lemas dan ragu-ragu. Dengan memerhatikan karakteristik itu, orang sukses tidak membuang-buang waktu bekerja dengan orang yang tidak kompeten.

  •  Menggunakan uang sebagai motivasi sukses

Uang memang bukan segalanya. Namun uang bisa digunakan sebagai motivasi kuat untuk bekerja. Targetkan berapa jumlah yang ingin Anda hasilkan. Lantas buat daftar hal-hal yang bisa Anda beli atau lakukan dengan hasil tersebut. Niscaya Anda lebih semangat bekerja. Jangan khawatir diperbudak oleh uang. Biasanya obsesi terhadap uang justru menurun seiring berkembangnya kesuksesan. Sebab, yang dicari bukan lagi uang untuk memenuhi kebutuhan. Melainkan kesenangan dalam bekerja.

Sebagai motivasi, uang tak harus selalu menjadi tujuan. Bisa juga menjadi sesuatu yang berharga dan tak boleh dihilangkan. Mengapa hanya membuat target perolehan? Buat juga target kerugian. Tentukan jumlah kerugian maksimal Anda dan berpeganglah padanya. Dengan demikian Anda akan lebih berhati-hati dalam bertindak. Namun jangan sampai menjadi pelit. Sifat itu justru menjauhkan Anda dari klien, rekan kerja, dan rezeki.

  • Mengingat-ingat hal yang ditawarkan oleh orang lain

Kesempatan tak datang dua kali. Namun tidak demikian halnya bagi orang sukses. Begitu muncul suatu kesempatan, mereka tidak terbawa nafsu atau buru-buru mengambilnya. Sesuatu musti diputuskan secara matang. Jika tawaran yang datang sangat menggiurkan tapi tidak sesuai kondisi saat itu, sebaiknya tidak diambil. Namun jangan lupakan begitu saja. Ingat-ingat tawaran yang tersebut, lebih baik lagi dicatat. Sebab Anda tak tahu apa yang akan terjadi. Siapa tahu di masa mendatang Anda bisa menerima tawaran itu. Bisa juga rekan kerja atau klien Anda yang menerimanya. Jadi, kesempatan bisa datang dua kali walaupun tidak dalam bentuk yang sama.

  • Terus-menerus mengingatkan diri mereka untuk tetap rendah hati di tengah-tengah kesuksesan, karena itu adalah hal yang sulit untuk dilakukan

Godaan terbesar bagi orang sukses adalah menjadi sombong. Apalagi jika kesuksesan diperoleh dari nol, ada hasrat untuk membalas dendam pada orang-orang yang pernah meremehkan. Kesombongan juga dapat berakibat pada keluarga dan teman. Bagi seorang lelaki sukses, mudah untuk mencari istri baru yang lebih muda dan cantik. Begitu pula dengan teman, yang lama ditinggalkan demi yang baru dan lebih sesuai dengan pergaulan sekarang.

Kesombongan tersebut sangat berbahaya. Bisa-bisa ditinggal pergi oleh mereka yang sungguhan menyanyangi dan peduli pada Anda. Untuk menghindari hal tersebut, ingatlah orang-orang yang setia mendukung Anda berjuang. Balas dukungan itu dengan tetap berada di samping mereka.

  • Menyerap pengetahuan di manapun dan kapanpun

Pengetahuan dan kesuksesan berbanding lurus. Orang tua sering menyarankan, jika ingin sukses maka bacalah banyak buku. Memang buku adalah jendela dunia. Namun seiring berkembangnya zaman, pengetahuan dapat diserap melalui berbagai media. Sekarang ada radio, televisi, dan internet. Anda bisa belajar dengan praktis. Cukup berbekal satu gadget seperti smartphone atau ipad. Jangan hanya membuka media sosial, buka juga website yang menyediakan koran online.

Selain itu, orang sukses biasanya peka terhadap kondisi sekitar. Kejadian apa pun bisa dijadikan pembelajaran. Misalnya saja melihat seseorang di dekatnya melakukan suatu kesalahan. Dengan memahami penyebab kesalahan tersebut dan memikirkan solusinya, ia sudah mempelajari sesuatu yang berguna.

  • Jangan biarkan ide berlalu begitu saja, bawa selalu buku catatan

Salah satu hal penting dalam kesuksesan adalah ide. Anda tidak bisa berinovasi tanpanya. Ide bisa datang tanpa diduga. Bisa saja saat Anda sedang di toilet, di kereta, atau di pasar malam. Jangan biarkan ide berlalu begitu saja. Segera catat begitu terlintas. Orang sukses biasanya membawa buku catatan dan alat tulis ke mana-mana. Bahkan ada yang memasang papan tulis kecil di toilet, kalau-kalau ide terlintas saat ia buang air besar.

Jangan batasi ide pada hal-hal biasa. Untuk menjadi orang sukses Anda musti memperoleh ide yang luar biasa. Gali segala kemungkinan, termasuk mimpi. Biasanya ide-ide terpendam justru muncul saat tidur. Sebab itulah kondisi di mana Anda menyingkirkan segala peraturan dan realitas. Maka yang lahir adalah sebuah ide yang tiada duanya. Tak ada salahnya mencatat mimpi Anda.

Tentang Isti RWD