Fakta-Fakta Dunia Kerja

Fakta-Fakta Dunia Kerja
Dunia Kerja

Jika dilihat secara sepintas, dunia kerja memang terlihat menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang baru saja lulus sekolah dan masuk dunia kerja.

Kamu menjadi mandiri secara finansial dan menjalin banyak relasi baru. Kamu bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan tanpa harus minta orang tua lagi. Meski begitu, ada beberapa realita yang bakalan kamu temui ketika sudah bekerja. Simak baik-baik ya.

1. Rutinitas yang membosankan.

Bekerja mempunyai waktunyanya sendiri (kecuali kalau kamu freelance, sih). Setiap hari kerja kamu bakal bangun pagi dan bersiap-siap untuk berangkat kerja. Kemudian, sore harinya kamu baru bisa pulang dan beristirahat.

Di weekend, baru kamu liburmeskipun kadang-kadang ada juga yang masih harus lembur. Bagi yang menyukai keteraturan, hal-hal seperti ini pasti dirasa tidak membosankan. Namun bagi kamu yang suka dengan hal-hal baru, kamu pasti bakal bosan dengan rutinitas seperti ini.

Biar tidak bosan, kamu bisa melakukan hal-hal di luar pekerjaan yang bisa menghiburmuseperti sekadar hang out dengan teman sehabis kerja.

2. Gaji yang (terkadang) tak sesuai ekspektasi.

Siap-siap saja, kadang gaji yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan ekspektasimu. Meskipun kamu merasa bahwa kamu sudah bekerja sangat keras, gaji yang kamu dapatkan segitu-gitu saja. Namun jangan cepat down. Kalau perusahaanmu fair, atasanmu akan melihat prestasimu dan kamu bisa mendapatkan promosi.

3. Attitude-mu lebih diutamakan.

Dalam bekerja, kita dituntut untuk bersikap profesional. Padahal di kantor, kamu akan menemui berbagai macam orang yang berkepribadian berbeda-beda. Ketahuilah bahwa tidak semua orang akan bersikap baik padamu, meskipun kamu bukan pembuat masalah.

Maka dari itu, kamu harus bisa menjaga attitude-mu ketika bekerja. Bayangkan jika kamu harus menghadapi orang yang tidak punya attitude selama lima hari dalam seminggu.Kamu pasti juga tidak suka ‘kan?

Bersikap sopan kepada siapa pun dan dalam situasi apapun akan membuatmu lebih dihargai teman-teman sekantor. Orang-orang juga akan lebih nyaman saat bersamamu, jadi kamu juga akan lebih banyak menjalin relasi.

Jika ada hal yang membuatmu tidak suka, pikirkan baik-baik terlebih dahulu sebelum mengutarakannya di depan umum.

4. Tidak semua orang bisa dipercaya.

Selain kamu harus menjaga sikap, kamu juga harus berhati-hati dalam mempercayai orang. Semua orang memang kelihatan baik, namun berhati-hatilah. Bisa jadi mereka terlihat baik di depanmu, namun bersikap berbeda saat di belakangmu.

Beberapa orang terkadang suka menjatuhkan temannya sendiri untuk kepentingan pribadi. Ada juga yang mempunyai niat tidak baik, apalagi jika sudah berhubungan dengan uang. Kamu tentunya ingin bekerja secara jujur, bukan? Kalau kamu salah langkah, kamu bakal tidak dipercaya lagi oleh atasanmu.

Kamu juga harus berhati-hati dalam mempercayakan rahasiamu kepada teman-teman sekantor. Jika kamu tidak selektif, kamu bakal dijadikan bahan gossip selama berbulan-bulan.

5. Tekanan pekerjaan yang tak ada habisnya.

Bekerja memang membuatmu menjadi lelah, baik karena beban kerja itu sendiri maupun dari orang-orang di kantor. Bagimu semua tekanan ini mungkin terasa tak ada habis-habisnya. Namun jangan khawatir. Realitanya, setiap pekerjaan pasti mempunyai tekanan masing-masing.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah atur emosimu. Jika kamu tidak pandai mengatur emosimu, kamu hanya akan menjadi stress. Kamu bisa sakit, dan kamu tidak akan semangat dalam bekerja. Biar kamu tidak merasa terlalu tertekan, ada baiknya kamu hargai waktu istirahatmu dan jangan memaksakan diri jika sudah merasa lelah.

Jaga pola makan agar tubuh selalu fit. Ambil beban kerja sesuai kemampuanmu, dan kamu harus berani untuk menolak jika beban kerjamu sudah melampaui batas.

6. Kamu akan menemui kegagalan.

Hadapilah kenyataan bahwa kamu tidak selalu berhasil. Kamu akan menghadapi hal-hal buruk ketika bekerja, seperti hasil pekerjaanmu yang tidak bagus, atau ada teman satu tim yang tidak bisa diajak bekerja sama dan membuat proyek kalian gagal.

Bisa juga ide-ide keatifmu tidak diterima oleh atasanmu. Meski begitu, jangan mudah menyerah. Belajar dari kegagalan, suatu hari nanti kamu akan berprestasi atas hasil kerjamu.

 

Sumber : idntimes.com


Tentang Isti RWD