Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online
Bisnis Online Konsumen Bisnis

Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online – Banyak bisnis online yang menghadapi kendala untuk meyakinkan konsumen berbelanja online. Terutama bagi bisnis online yang baru diluncurkan, reputasi di internet masih belum terbentuk, sehingga belum banyak orang yang percaya sepenuhnya. Apalagi keberadaan toko online abal-abal masih cukup marak.

Membuat sebagian masyarakat cemas untuk berbelanja di dunia maya. Alhasil, mereka lebih memilih berbelanja di toko online terkenal saja dan mengabaikan toko online yang baru. Bagi Anda yang mengalami masalah ini, Anda masih bisa mengatasinya. Peluang Anda untuk sukses masih terbuka lebar. Berikut tips meyakinkan konsumen untuk belanja online berikut ini.

1. Mencantumkan Contact Person

Anda harus mencantumkan semua contact person Anda di website toko online Anda. Mulai dari nomor telepon, WhatsApp, LINE, BBM, SMS, alamat email, dan lain-lain. Semakin banyak pilihan contact person, semakin mudah calon konsumen menghubungi Anda untuk bertanya-tanya.

Pastinya Anda harus responsif dalam setiap membalas pesan yang masuk. Jangan buat konsumen menunggu lama untuk mendapatkan balasan, karena mereka pasti tidak sabar dan akan beralih ke toko online yang lain.

2. Bekerja Sama dengan e-Commerce Ternama

Dengan menjual produk Anda di berbagai website e-commerce ternama, Anda bisa menjangkau konsumen yang lebih luas sekaligus membangun kredibilitas. Reputasi bisnis Anda jadi meningkat karena produk Anda semakin dikenal oleh para pengguna situs e-commerce tersebut.

3. Publikasi di Media

Anda bisa melakukan kerja sama untuk publikasi artikel tentang bisnis Anda di sejumlah media online. Pilih website yang kredibel maupun blog terkenal untuk mengulas bisnis Anda secara positif. Nantinya, para pembaca media tersebut akan familiar dengan brand Anda dan tertarik mencari tahu lebih lanjut tentang produk Anda.

4. Buat Kegiatan Offline

Anda bisa berinterkasi langsung dengan konsumen dengan mengadakan berbagai kegiatan offline. Misalnya, membuat event bersama komunitas, membuka gerai di acara pameran, menggelar bazar, dan lain-lain. Aktivitas offline tersebut dapat membuat produk Anda semakin dikenal masyarakat luas, dan juga meningkatkan penjualan.

5. Endorsement

Cara cepat untuk menjangkau konsumen ialah dengan melakukan kerja sama endorsement dengan public figure selebgram di media sosial Instagram. Pilih selebgram yang punya nama baik di masyarakat, karena mereka pasti punya basis penggemar yang kuat dan hal ini juga akan mengangkat nama brand Anda, serta meningkatkan penjualan.

Tentang Isti RWD