Hal Sepele yang Bisa Rugikan Bisnis Online Anda

Hal Sepele yang Bisa Rugikan Bisnis Online Anda
Bisnis Online Rugi Berbisnis

Hal Sepele yang Bisa Rugikan Bisnis Online Anda – Terkadang, hal-hal yang sepele bisa jadi penyebab orang malas membeli produk Anda. Mungkin Anda tidak menyadarinya karena Anda terlalu sibuk mengurus berbagai hal lainnya yang menyita banyak perhatian.

Padahal, hal-hal kecil ini juga berdampak besar pada bisnis online Anda. Nah, berikut beberapa hal yang kelihatannya sepele tapi dapat merugikan bisnis online Anda jika tidak diperhatikan secara serius.

1. Profil Media Sosial Tidak Informatif

Profil media sosial akan memberikan kesan pertama pada calon pembeli. Saat orang mengunjungi akun bisnis online Anda, hal yang pertama dilihat adalah isi profil Anda. Untuk itu, tampilkan profil secara profesional. Tuliskan informasi penting, seperti sedikit keterangan mengenai bisnis Anda, alamat website, alamat email, dan nomor kontak.

2. Konten Media Sosial Tidak Kreatif

Setelah melihat profil, orang akan memperhatikan konten yang Anda posting di akun media sosial. Hanya konten yang kreatif yang akan membuat orang betah untuk kepodan mencari tahu lebih lanjut. Untuk itu, rajinlah meng-update konten terbaru. Entah itu foto atau video, siapkan yang kreatif agar konten bisnis Anda selalu menarik untuk diikuti.

3. Foto Produk Kurang Menarik

Jika Anda kurang memahami fotografi produk, pelajarilah. Ini akan membantu Anda untuk menciptakan foto-foto produk yang menarik dan tidak membosankan. Misalnya, produk sepatu. Anda bisa membuat foto tematik dengan beragam konsep. Di mana minggu ini bertemakan indoor, minggu depan bertemakan outdoor, dan sebagainya.

4. Deskripsi Produk Kurang Lengkap

Jangan anggap ini sebagai hal sepele. Sebab deskripsi produk yang sudah jelas saja terkadang masih ditanyakan, apalagi jika deskripsinya kurang lengkap.

Baik itu di website toko online Anda maupun di postingan media sosial, tampilkan deskripsi produk yang detail agar memudahkan calon pembeli dalam memahami produk Anda, dan juga meyakinkan mereka untuk membeli.

5. Website Lemot Ketika Diakses

Pastikan website toko online Anda selalu lancar tanpa gangguan. Sebab jika situs Anda sulit untuk diakses, orang akan jadi malas untuk mengunjunginya. Akibatnya Anda bisa kehilangan calon pembeli potensial saat website Anda lemot. Untuk itu, periksa kecepatan loading website Anda setiap hari dan segera tangani jika terjadi masalah.

6. Perangkat Tidak Menunjang

Perhatikan perangkat-perangkat Anda untuk bekerja. Gunakan perangkat yang dapat mendukung kelancaran bisnis Anda.

Jika internet lemot, ganti provider yang lebih baik. Jika smartphone atau laptop sering error, ganti dengan yang baru. Sebab semua perangkat itu sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas bisnis online Anda.

7. Lama Balas Pesan Konsumen

Janganlah menyepelekan pesan dari konsumen yang Anda terima dari mana saja. Mungkin Anda lebih suka melayani pesan dari WhatsApp, tapi jika ada pesan yang masuk di DM Instagram, maka layanilah dengan baik.

Sebab cara konsumen menghubungi Anda itu beragam. Ada yang lebih suka komentar dulu di media sosial, tapi ada juga yang langsung menghubungi kontak Anda. Yang pasti, segeralah layani semua pesan yang masuk.

Tentang Isti RWD