Peluang Bisnis Sampingan Sebelum Lebaran

Peluang Bisnis Sampingan Sebelum Lebaran
Bisnis Lebaran Bisnis Sampingan

Menjelang Lebaran, muncul berbagai jenis kebutuhan dan kebiasaan baru. Berikut ini peluang usaha rumahan dan bisnis sampingan menjelang Lebaran.

1: Catering Sahur

Menyiapkan menu sahur merupakan sesuatu yang memerlukan waktu dan energi untuk melakukannya. Terlebih sahur sendiri kegiatannya dilakukan pada pagi hari disaat petang sebelum subuh tiba. Orang yang ingin mempersiapkan menu sahur harus ekstra tenaga dan waktu. Hal ini bisa dijadikan peluang bisnis sampingan bagi pelaku usaha. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat usaha rumahan catering menu sahur yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

2: Mukena

Peluang usaha mukena merupakan salah satu peluang usaha yang meningkat menjelang Lebaran tiba. Usaha mukena bisa meningkat sampai lima kali lipat dibandingkan pada hari-hari biasanya. Pengusaha mukena dikala Lebaran hampir tiba, hendaknya menyiapkan strategi penjualan dengan tepat. Pengusaha mukena harus bisa menyiapkan motif mukena yang disukai masyarakat karena persaingan mukena lebih pada motif yang ada pada mukena tersebut.

3: Busana Muslim Kekinian

Bisnis busana muslim mengalami peningkatan yang signifikan pada saat menjelang Lebaran. Pada saat menjelang Lebaran, bisa dikatakan omzet dari penjualan baju muslim bisa naik sampai 100%. Hal yang terpenting bagi pelaku usaha bisnis busana muslim hendaknya mereka memperhatikan segi kualitas barang. Pelaku usaha juga sangat perlu untuk memperhatikan layanan terhadap pembeli agar bisa tetap bersaing dengan penjual yang lain.

4: Takjil

Salah satu usaha rumahan dan bisnis sampingan yang bisa dilakukan menjelang Lebaran adalah dengan berbisnis takjil. Kondisi orang pada saat hampir berbuka yang lapar dan haus akan menjadikannya ingin segera memiliki menu yang siap untuk dinikmati pada saat berbuka puasa. Kondisi ini bisa dimanfaatkan dengan berbisnis takjil untuk memenuhi keinginan masyarakat yang akan berbuka.

5: Kue Kering

Bisnis kue kering merupakan usaha rumahan atau bisnis sampingan yang bisa dilakukan pada saat menjelang Lebaran tiba. Kue kering merupakan makanan yang akan dihidangkan pada saat Lebaran tiba. Pelaku usaha rumahan bisa melihat fenomena ini untuk dijadikan peluang usaha rumahan. Dana yang dibutuhkan sebagai modal bisnis kue kering tergantung dari bahan apa yang digunakan untuk membuatnya juga seberapa banyak kue yang akan diproduksi.

6: Penyalur ART

Menjelang Lebaran tiba usaha rumahan penyaluran ART (Asisten Rumah Tangga) merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang peningkatannya signifikan. Penyaluran ART biasanya sekitar 15 hari yaitu seminggu sebelum Lebaran sampai dengan seminggu setelah Lebaran. Gaji yang diterima ART pada saat 15 hari tersebut berkisar antara Rp160 ribu hingga Rp250 ribu per harinya.

7: Penyewaan Kendaraan

Usaha rumahan penyewaan kendaraan menjelang Lebaran akan sangat laku pesat. Menjelang Lebaran akan banyak orang yang mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga di sana, namun tidak semua orang yang mudik memiliki kendaraan untuk mudik pulang kampung. Peluang ini bisa dimanfaatkan dengan cara menyewakan kendaraan yang membidik orang-orang yang ingin mudik tapi tidak punya kendaraan.

8: Kreasi Parsel

Menjelang Lebaran tiba salah satu usaha rumahan dan bisnis sampingan yang bisa dilakukan adalah usaha parsel. Pada saat Lebaran akan tiba, banyak orang yang ingin berkirim-kiriman parsel. Parsel-parsel yang dikirimkan biasanya sebagai hadiah yang dikirim pada teman ataupun kepada keluarga. Meningkatnya kebutuhan parsel menjelang Lebaran tiba bisa dimanfaatkan sebagai bisnis sampingan yang cukup menggiurkan keuntungannya. Pelaku usaha parsel membutuhkan kreativitas agar parsel yang dibuatnya menarik konsumen.

9: Perawat Hewan Peliharaan

Usaha penitipan hewan merupakan bisnis sampingan yang laku pada waktu-waktu menjelang Lebaran. Usaha penitipan hewan ini biasanya menampung hewan seperti kucing maupun anjing yang ditinggal pemiliknya pulang kampung.

Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan

Ada banyak peluang usaha rumahan dan bisnis sampingan yang dapat Anda pertimbangkan untuk Anda lakukan menjelang Lebaran. Semua usaha rumahan dan bisnis sampingan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentukan pilihan usaha rumahan Anda sesuai dengan minat, bakat dan apa yang Anda sukai hingga mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Sumber : finansialku.com


Tentang Isti RWD