Hindari 4 Hal Ini Saat Bisnis Baru Dimulai

Hindari 4 Hal Ini Saat Bisnis Baru Dimulai
Bisnis Baru

Hindari 4 Hal Ini Saat Bisnis Baru Dimulai – Pada saat memulai bisnis, semangat terasa masih menggebu-gebu. Anda terlihat optimis dan bekerja keras untuk memasarkan bisnis Anda. Namun, terkadang pebisnis pemula kurang hati-hati dalam mengambil keputusan dan bertindak. Bisa dimaklumi karena pengalaman dalam berbisnis yang masih terbilang minim.

Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan gegabah dalam melakukan apapun. Sebab bisnis yang masih baru belum teruji di pasar. Butuh waktu untuk meyakinkan pelanggan dan mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, bagi Anda yang baru merintis usaha, hindarilah hal-hal berikut ini.

1. Menambah Produk

Anda baru saja memulai bisnis. Produk pertama Anda masih belum dikenal banyak orang dan hasil penjualannya juga belum memuaskan dan mencapai target. Untuk itu, lebih baik Anda fokus mempromosikan produk yang ada dulu.

Jangan bernafsu untuk menghadirkan produk terbaru karena akan menambah beban usaha. Lebih baik Anda bersabar untuk merilis produk lainnya. Pelan-pelan saja sambil mempelajari minat pasar yang cenderung cepat berubah-ubah.

2. Menambah Pinjaman

Anda perlu berpikir ulang jika mau menambah pinjaman saat usaha baru dimulai. Membayar utang itu bisa membawa Anda pada masalah yang serius jika Anda tidak sanggup mencicilnya tepat waktu.

Kecuali bisnis Anda sudah berjalan cukup lama dan terlihat menjanjikan, maka bolehlah Anda menambah pinjaman untuk modal usaha. Sebab Anda memang butuh dana tambahan untuk mengembangkan usaha.

3. Beli Perlengkapan yang Mahal

Hindari membeli perlengkapan yang mahal untuk menunjang bisnis Anda. Anda harus belajar menghemat pengeluaran sejak awal berbisnis. Ingat, kestabilan keuangan itu harus dijaga dengan baik. Terlebih jika Anda punya pinjaman, Anda tidak akan sanggup membayar utang jika sampai arus kas Anda defisit.

4. Memperluas Jaringan Usaha

Membuka usaha butuh perhatian yang besar. Belum lagi masalah modal dan kesiapan mental untuk mengurusnya.

Setelah itu, jika mau membuka cabang atau memperluas jaringan, bolehlah dilakukan karena Anda sudah lebih siap untuk mengelola semuanya sekaligus. Anda juga sudah cukup berpengalaman dan bisnis Anda pun sudah punya nama di pasaran.

Tentang Isti RWD