Usaha Telur Ayam

Usaha Telur Ayam
Advertising

Permintaan telur ayam sangatlah tinggi, karena kita tahu produk ini adalah merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan di rumah tangga sehari-hari.

Dengan begitu permintaan akan telur ayam bisa dipastikan tidak akan surut bahkan akan terus meningkat setiap saat.

Tak sampai disini, telur ayam juga sangat dibutuhkan di kalangan industri makanan. Tidak sedikit perusahaan makanan yang menggunakan telur ayam sebagai bahan baku utamanya, permintaan dari perusahaan makanan seperti ini tentunya tidak sedikit.

Permintaan yang cukup besar ini tentunya membuka peluang untuk menghasilkan keuntungan dari usaha telur ayam sangat terbuka lebar. Tidak perlu ragu karena melihat pesaing yang sudah cukup banyak ditemui, karena meski pedagangnya terus bertambah konsumen yang membutuhkannya pun seiring waktu semakin banyak.

Memulai Bisnis Telur Ayam
Dalam usaha telur ayam jenis telur  yang paling diminati ialah telur ayam ras atau juga sering kita sebut telur ayam negri. jenis telur ayam yang satu ini digemari karena harga jualnya yang cukup terjangkau sehingga untuk menjalankannya pun cukup dengan modal yang kecil. Namun rasa dan manfaat serta nilai gizi yang dikandungnya juga tidak kalah dari telur ayam jenis lain seperti telur ayam kampung.

Oleh karena itu untuk memulai usaha telur ayam ini kita bisa mulai dengan menjual telur ayam negri sebagai produk jualan utama. Meski begitu sebagai variasi kita pun dapat menjajakan jenis telur lain seperti telur ayam kampung, telur bebek, atau telur puyuh sebagai produk pelangkapnya.

Namun begitu yang mungkin akan menjadi kendalan diantaranya kuantiti pembelian yang harus sekaligus dalam jumlah besar, karena peternak tidak menjual telurnya secara eceran. Jika kita baru saja memulai bisnis ini tentunya membeli stok telur dengan jumlah besar akan beresiko karena jumlah pelanggan yang belum banyak.

Salah satu solusinya ialah untuk tahap awal grosiran penyedia telur ayam bisa menjadi pilihan, nantinya secara bertahap jika usaha sudah berjalan dan permintaan telah banyak kita dapat mulai bekerja sama dengan peternak.

Perlu diketahui juga harga telur ayam dipasaran bisa fluktuatif atau berubah-ubah. Diantara penyebabnya adalah karena jumlah ketersedian stok dipasaran yang tidak stabil, disaat stok telur ayam banyak dipasaran tentunya harga jual akan semakin murah, sebaliknya jika stok dipasaran menipis harga jualnya pun dapat meningkat.

Dengan adanya kondisi tersebut, pelaku usaha telur ayam harus berhati-hati dalam membeli stok dagangannya. Usahakan untuk bisa memperkirakan pergerakan harga yang akan terjadi kedepan.

Tips Menjalankan Bisnis Telur Ayam
Selain perlu memiliki pemasok telur ayam yang berharga murah, dalam hal penjualan kitapun harus memiliki strategi tersendiri agar usaha dapat terus berjalan menguntungkan.

Diantaranya saja bisa upayakan menambah sasaran konsumen dari kalangan selain rumah tangga, misalnya saja perusahaan, pelaku usaha masakan, instansi dan lain sebagainya, dengan begitu jumlah penjualan pun dapat ditingkatkan.

Selain itu perlu di ingat juga, telur merupakan barang yang rentan terhadap kerusakan seperti pecah dalam pengiriman serta tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karenanya kita pun harus berhati-hati dan pandai menghitung kebutuhan agar tidak mengalami kerugian.

sumber : Infopeluangusaha


Tentang Isti RWD