Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil
Advertising

Jika kamu mulai penat dengan rutinitas keseharianmu di kantor, kamu bisa mencoba mencari alternatif pekerjaan sampingan. Siapa tahu hal tersebut justru dapat melebihi pendapatanmu bulananmu di kantor. Dari yang tadinya hanya sekadar iseng atau hanya untuk penghasilan tambahan saja, jika dijalani dengan sungguh-sungguh bisa berubah menjadi bisnis dengan skala dunia. Namun, terkadang faktor modal menjadi penghalang untuk menentukan usaha sampingan yang tepat.

1.Jasa Pengetikan

Biasanya jasa pengetikan ini banyak bertebaran di daerah sekitar kampus. Jasa ini dibutuhkan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, kamu bisa meendapatkan pemasukan. Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Dan yang pasti, usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Kamu hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan seperti komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

2.Cuci Motor atau mobil

Banyaknya jumlah kendaraan saat ini merupakan peluang untuk membuka jasa cuci mobil ataupun motor. Modal yang dikeluarkan juga relatif terjangkau untuk membuka usaha ini. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, atau maksimal hingga sekitar Rp10 juta jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional.

3.Menjadi Blogger

Jika kamu senang menulis blog, hobi tersebut bisa loh dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan sampinganmu. Untuk memulai bisnis blog ini, pilihlah tema yang sesuai dengan passion atau hal-hal yang sangat kamu sukai seperti misalnya barang-barang eletronik, makanan, musik, dan lain sebagainya. Kemudian isi blog anda dengan konten tersebut yang bisa berupa artikel, ulasan, komentar, atau apapun.

Jika konten blogmu berkualitas, maka pelan tapi pasti akan banyak pembaca yang berkunjung. Traffic blog akan naik dengan sendirinya. Bahkan nantinya, kamu bisa memonetize untuk mendapatkan uang. Caranya pun beragam, mulai dari buka space iklan untuk pengiklan lokal sampai dengan tergabung dalam jaringan periklanan profesional layaknya Google Adsense. Menariknya, hanya butuh modal maksimal Rp1 juta untuk membuka usaha ini.

4.Desain Grafis

Usaha sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, kamu bisa menawarkan jasa ke rekanan yang dikenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini adalah sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, dan upwork.com (dulu bernama odesk.com). Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya membutuhkan koneksi internet dan keterampilan yang harus ditingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan. Produk yang kreatif dan tepat waktu adalah kunci sukses bisnis ini.

5.Laundry Kiloan

Dengan alasan kepraktisan, banyak orang mulai beralih untuk menggunakan jasa laundry. Oleh karena itu, ide untuk membuka usaha laundry kiloan menjadi sangat populer. Hal paling utama yang perlu kamu pertimbangkan adalah pangsa pasar. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil) adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini.

Modal yang diperlukan untuk memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung seperti timbangan, plastik, dan setrika serta gaji seorang pegawai.

6.Jual Beli Motor Bekas

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa membantu menjualkan motor orang lain dan mendapatkan komisi. Jika sudah yakin punya pasar yang jelas, maka kamu bisa memulai dengan membeli motor bekas di bawah Rp10 juta, kemudian jual kembali dengan mengambil selisih harga. Jual beli motor bekas banyak dibantu situs iklan populer seperti olx.co.id.

7.Agen Asuransi

Biasanya agen asuransi sering dijadikan profesi sampingan karena bisnis ini tidak mengikat, tidak butuh modal, namun memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam suatu program asuransi. Selain itu, jika kamu ingin punya penghasilan yang tinggi, kamu harus sanggup menjual produk asuransi dalam jumlah besar juga. Lebih lanjut, kamu juga bisa mendapatkan beragam training jika kamu merupakan agen berprestasi.

8.Menjahit Pakaian

Bagi kamu yang memiliki keterampilan menjahit, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis usaha satu ini. Kamu bisa memulai usaha sampingan ini dengan menawarkan kepada orang-orang terdekatmu. Untuk tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan saja. Batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang kamu miliki. Kemudian, jika sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah, kamu bisa membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai dengan kamu.

 

Sumber :shopback.co.id


Tentang Isti RWD