Tips Sukses Lary Page Si Pendiri Google

Tips Sukses Lary Page Si Pendiri Google
Advertising

Larry Page bisa dikatakan adalah sosok paling penting di era teknologi dan internet saat ini. Bersama rekannya Sergey Brin, mereka berdua membangun mesin pencari yang awalnya hanya untuk sebuah ‘tugas’ penelitian kuliah mereka bernama Google, mesin pencari berbasis teknologi internet yang cepat, praktis dan akurat.

Super sukses dengan ide ini, Google milik Larry Page dan Sergey Brin ini pun sekarang telah berkembang pesat menjadi sebuah perusahaan raksasa dan digunakan di hampir seluruh belahan dunia.

Kesuksesan ide membangun Google ini tentu saja tidak hanya membawa nama Larry Page menjadi salah satu dari 20 orang terkaya didunia saat ini. Tapi juga menjadikan Larry Page sebagai salah satu pebisnis paling sukses saat ini. Bersama rekannya Larry menempati posisi nomor 10 dan Sergey di nomor 13 didaftar 20 orang terkaya di dunia versi Forbes 2019.

Ini dia beberapa hal yang bisa contoh dari Larry Page untuk kamu yang juga ingin memiliki jalan bisnis yang sukses sama seperti pendiri Google tersebut:

1. Tidak Takut Memulai Walau dengan Dana Terbatas

Sebelum memutuskan membangun Google dengan rekannya Sergey. Larry pernah mencoba menawarkan idenya ke perusahaan teknologi besar lain saat itu seperti AltaVista, Excite, dan Yahoo. Tapi semuanya menolak.

Akhirnya Larry dan Sergey memutuskan untuk mencoba mengembangkan ide ini sendiri walaupun dengan dana terbatas, karena saat itu mereka masih berstatus mahasiswa. Mereka memulai langkah bisnis mereka di asrama kampus milik Larry dengan sebuah PC seharga 15 ribu Dollar yang mereka peroleh dari pinjaman kartu kredit.

2. Memanfaatkan dan Mengolah Sumber Daya yang Ada Demi Menghemat Modal

Modal usaha tidak semata-mata dihabiskan hanya untuk membeli kebutuhan membangun usaha. Modal usaha juga bisa dijadikan sebagai dana cadangan darurat seperti yang dilakukan oleh Larry dan Sergey. Meski telah memiliki sedikit suntikan dana dari professor universitas mereka sebesar 100 ribu Dollar, tidak semata-mata membuat mereka memanfaatkannya secara cuma-cuma.

Berbekal kejeniusannya sebagai mahasiswa di bidang rekayasa komputer. Larry menemukan cara membangun server-server komputer dengan menggunakan barang-barang bekas yang tidak terpakai dan mudah didapatkan bukan membeli mesin-mesin buatan khusus yang dijual perusahaan komputer dengan yang mahal hingga harga ratusan ribu Dollar per unitnya.

3. Memulai secara Perlahan tapi Pasti

Larry memilih untuk menjalani bisnis dibidang teknologi ini secara bertahap, santai dan tidak menggebu-gebu. Dia dan Sergey tidak terburu-buru dalam urusan mencari investor. Mereka lebih memilih untuk mematangkan produk mereka dari segi kualitas untuk bisa memperkuat strategi mereka dalam menarik investor.

Cara ini akhirnya berhasil menarik perhatian beberapa investor karena kematangan produk mereka yang dilihat sebagai ide yang cemerlang dan hanya membutuhkan tambahan dana untuk mengembangkan kecanggihan teknologi mereka agar semakin mantap untuk diluncurkan.

Larry berhasil mendapatkan suntikan dana sebesar 12,5 juta USD dari Michael Moritz (Sequa Capital) dan Jhon Doer (Kleiner Perkins) yang berikutnya menjadi bekal awal dalam mendirikan Google secara resmi pada 4 September tahun 1998 di California, Amerika Serikat di sebuah Garasi salah satu teman mereka Susan Wojcicki yang saat ini dikenal sebagai CEO dari Youtube.

4. Super Inovatif dalam Mengembangkan Arah Bisnisnya

Sebagai seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi dan lahir dari keluarga yang berprofessi sebagai dosen besar di bidang yang sama. Membuat Larry menjadi sosok yang sangat terbuka dan menerima setiap arus baru teknologi.

Sebagai salah satu pioneer di dunia teknologi, Google Inc telah banyak menciptakan berbagai produk teknologi yang mumpuni, populer dan telah memiliki ratusan juta pengguna hingga sekarang seperti Google Adsense, sistem operasi untuk ponsel yang bernama Android, Gmail, Blogger, Google+, Playstore dan masih banyak lagi.

5. Selalu Pandai dalam Melihat Peluang Usaha Baru

Google tidak hanya menjajakan produk ciptaannya sendiri tapi juga produk yang berhasil dibelinya. Pada tahun 2006, Google membeli salah satu situs video online streaming Youtube, dengan harga mencapai USD 1,65 milyar yang pada beberapa tahun berikutnya menjadi salah satu website broadcasting online terpopuler bahkan nomor 1 di dunia dengan ratusan juta user yang tersebar diseluruh dunia mulai dari orang biasa, artis ternama, politikus hingga para tokoh dunia.

6. Memiliki Karyawan dengan Kualitas Terbaik

Google sudah lama dikenal sebagai tempat kerja impian semua orang. Kantor Google atau yang populer dengan nama Googleplex menjadi salah satu tempat kerja terbaik di dunia karena fasilitas dan kenyamanan juga berbagai benefit yang ditawarkan kepada setiap karyawannya membuat Google Inc mampu membentuk tenaga kerja yang rendah stress, memiliki tingkat kebahagiaan, kreativitas dan produktivitas yang tinggi dengan lingkungan kerja yang sehat dan rendah tekanan.

Googleplex dilengkapi sarana dan prasarana yang lengkap seperti kolam renang, bar, billiard room, futsal, voli pantai, makanan gratis, minuman kesehatan cuma-cuma, dan cemilan yang melimpah. Terlebih lagi, suasana kerja yang rileks karena karyawan google diperbolehkan untuk hanya mengenakan kaus dan celana jeans.

Google juga menerapkan sistem dimana karyawan diberikan 20 % waktu kerja mereka untuk bebas mengerjakan apa yang di minati-nya – kira-kira dalam 1 minggu sehari. Sehingga kreativitas karyawan meningkat, dan lahirlah seperti misal google earth, map dan masih banyak lagi.

Konsisten dan Berpikir untuk Masa Depan

Meraih kesuksesan tentu bukanlah hal yang mudah dan cepat, sebab akan dibutuhkan kerja keras dan juga disiplin yang kuat. Hal inilah yang dilakukan oleh Larry Page di dalam hidupnya, di mana ia selalu menerapkan berbagai cara yang dianggapnya baik untuk menunjang kesuksesannya. Tetap konsisten dan berpikir panjang untuk masa depan, agar kesuksesan awet dalam waktu yang lama.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA