Tips Memulai Bisnis Toko Offline

Tips Memulai Bisnis Toko Offline
Advertising Bisnis Offline Tips Sukses

Dewasa ini, bisnis online kian menjamur. Hal ini karena kemudahan dan keefektifan yang ditawarkan oleh bisnis tersebut. Orang-orang mulai penasaran dan tertarik untuk mengikuti tren bisnis online yang sedang naik daun.

Nah, ketika bisnis online yang mereka geluti semakin berkembang, bahkan sudah dibilang cukup sukses, pastinya para pebisnis online mendambakan untuk memiliki toko konvensional atau offline.

Dengan toko sungguhan ini, mereka bisa memiliki wadah untuk meningkatkan skala bisnis dengan berkreasi lebih jauh, selain di dunia maya atau internet saja. Kalau ada toko offline, para pelanggan akan menjadi lebih percaya dan setia terhadap bisnis Anda.

Keuntungan Membuka Toko Offline

Memiliki usaha pribadi akan sangat menyenangkan jika dijalani sepenuh hati dan sesuai hobi, begitupun dengan berdagang. Di zaman yang serba online betul-betul memudahkan masyakarat dalam berbelanja, tanpa harus keluar rumah, macet dijalanan, dan lain sebagainya.

Tapi jangan salah, toko offline juga diperlukan untuk menunjang bisnis Anda. Tak sedikit para pedagang online menyalahgunakan kepercayaan pembeli dan menipu mentah-mentah konsumen, sedangkan pembeli tidak tahu harus komplain ke mana.

Hal inilah yang lantas membuat banyak orang merasa malas belanja online pada lapak yang tidak memiliki toko offline. Jika Anda memiliki toko offline, maka akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk menjalankan bisnis online juga.

Otomatis pembeli akan lebih yakin, tenang, dan merasa aman ketika ingin berbelanja di lapak Anda, karena mereka tahu di mana posisi toko fisik tersebut. Sehingga hal ini juga akan membuat Anda lebih untung serta mudah mendapatkan pelanggan dan kenaikan omzet.

Tips Bikin Toko Offline dengan Modal Minim

Bagi Anda yang sekarang sedang berbisnis online dan ingin membuka toko konvensional dengan biaya kecil, mari simak tips-tips di bawah ini:

1. Tawarkan Sistem Bagi Hasil

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka toko konvensional dengan biaya terjangkau adalah berbagi tempat dengan pemilik tempat lain yang menyediakan sewa untuk bekerja sama dengan Anda. Tawarannya sistem bagi hasil keuntungan. Di sini Anda harus bisa meyakinkan mereka dengan menjelaskan peluang dan keuntungan dari bisnis Anda, agar mereka tertarik join dengan Anda.

2. Berbagi Tempat Usaha

Sangatlah bagus kalau Anda memiliki teman atau saudara pebisnis dan memiliki toko offline di sebuah lokasi. Anda kan jadi bisa berbagi tempat. Atau bekerja sama dengan pengusaha lain yang ingin menyewa lokasi di tempat yang sama, namun kekurangan modal.

Akan tetapi sebaiknya kerja sama berbagi tempat usaha ini tidak pada bisnis yang sama. Jadi menjual barang yang berbeda guna menghindari konflik perdagangan di kemudian hari. Manfaat lainnya, Anda bisa bertukar pikiran, pengalaman, dan membicarakan mengenai keuntungan bisnis dengannya. Berbagi tempat usaha akan meringankan beban biaya sewa Anda setiap bulannya.

3. Buka di Pasar Modern

Jika tertarik membuka toko konvensional di sebuah mal atau pusat perbelanjaan besar, tapi dana mentok, lebih baik berpikir ulang. Cobalah alternatif lain dengan membuka toko di pasar modern yang tidak kalah bergengsi dengan di mal.

Di pasar modern pun, pengunjung cukup banyak. Dari kelas bawah sampai kelas atas, sehingga peluang bisnis Anda akan menjadi lebih luas. Sebenarnya, semua tergantung secerdas apa Anda menawarkan barang atau jasa yang dijual untuk menarik hati pelanggan dan pada akhirnya loyal.

4. Cari Mal yang Sepi

Kalaupun Anda tetap ingin membuka toko konvensional di sebuah mal, supaya mendapat harga murah, Anda bisa memilih mal yang sepi. Kenapa kok malah yang sepi? Tidak laku dong yang dijual? Well, ini tentu karena biaya sewa yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan mal besar atau mal yang ramai pengunjung.

Nah ini yang perlu diperhatikan, sebelum memutuskan untuk membuka toko offline di mal yang kecil dan sepi, Anda harus yakin betul bahwa usaha Anda sudah terkenal dan terpercaya di dunia maya.

Jadi biarpun pengunjung tidak ramai, namun Anda sudah memiliki pelanggan-pelanggan setia yang siap kapan saja mendatangi toko Anda karena akan lebih nyaman dalam memilih barang yang diinginkan.

5. Cari Tempat Usaha yang Lokasinya Tidak Strategis

Cara ini sebenarnya cukup riskan dilakukan, mengingat lokasi sangat penting untuk membuka sebuah toko offline. Tapi kalau mau dapat harga miring, ya memang di lokasi yang tidak strategis. Maka dari itu, pastikan bahwa bisnis online Anda sudah punya nama besar di dunia maya dan memiliki jumlah pelanggan yang cukup banyak.

Jadilah Pengusaha Sukses

Meski masyarakat sudah disuguhi berbagai kemudahan dalam berbelanja, tapi jangan patah semangat untuk berinovasi demi mengembangkan usaha Anda. Jadilah pengusaha sukses yang mengerti dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA