Tips Memilih Rekan Bisnis

Tips Memilih Rekan Bisnis
Advertising

Menjalankan bisnis menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang tidak ingin bekerja pada perusahaan orang lain. Bisnis memang menjanjikan peluang sukses yang lebih besar, namun hal ini juga tentu harus dibarengi dengan kerja keras dan juga konsep yang jelas sejak awal.

Tidak harus menjalankannya seorang diri, Anda juga bisa membangun bisnis bersama dengan orang lain. Namun sebagaimana hubungan kerja pada umumnya, Anda juga harus jeli dalam memilih rekan bisnis yang akan diajak bergabung di dalam bisnis Anda. Hal ini penting, mengingat menyatukan pemikiraan dari dua orang tentu bukan hal yang mudah.

Jangan sampai kelak mengalami masalah di dalam bisnis yang Anda jalankan, hanya karena tidak bisa memilih rekan bisnis yang tepat. Setidaknya, rekan bisnis ini haruslah sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan, agar Anda bisa bekerjasama dengan baik dengannya.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan penting dalam memilih rekan bisnis:

1. Memiliki Komunikasi yang Baik dan Lancar

Komunikasi yang lancar sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah hubungan kerjasama yang sehat. Hal ini berlaku di dalam semua bidang, termasuk di dalam bisnis sekalipun. Pastikan Anda dan rekan bisnis memiliki komunikasi yang baik dan lancar sejak awal, sebab hal ini akan menjadi dasar untuk membangun banyak hal, termasuk kepercayaan.

Berbagai perbedaan sangat mungkin terjadi di antara Anda dan juga rekan bisnis, namun jika sejak awal telah memiliki hubungan komunikasi yang baik, maka berbagai masalah seperti ini tentu bisa diselesaikan dengan baik juga.

2. Saling Mengenal dengan Baik

Memilih rekan bisnis harus dilakukan dengan sangat hati-hati, sebab hal ini akan berhubungan dengan kesuksesan bisnis Anda di masa yang akan datang. Setidaknya, Anda harus memilih rekan bisnis yang sudah dikenal dengan baik, sehingga bisa memahami dengan jelas bagaimana adat dan juga kepribadiannya secara mendalam. Hal ini penting, untuk mengatasi berbagai tantangan dan juga masalah yang mungkin saja terjadi di dalam bisnis yang dijalankan.

3. Saling Memahami dan Melengkapi

Penting untuk selalu saling memahami dan melengkapi antara Anda dan juga rekan bisnis. Setiap orang tentu akan memiliki kekurangan dan juga kelebihan, termasuk Anda berdua juga. Anda dan juga rekan bisnis harus dapat bekerja sama dengan baik dan saling melengkapi berbagai kekurangan serta kelebihan tersebut dengan cara-cara yang paling tepat.

4. Memiliki Visi dan Misi yang Sejalan

Bisnis yang dijalankan oleh dua orang atau bahkan beberapa orang sekalipun, harus tetap memiliki satu visi dan misi saja. Jangan sampai Anda dan rekan Anda tidak memiliki misi dan visi yang sama di dalam bisnis tersebut, sebab hal ini sama saja dengan mengendalikan satu perahu ke dua arah. Jika sudah begini, bagaimana mungkin bisa sampai dengan selamat ke tujuan, bukan?

5. Memiliki Etos Kerja yang Baik dan Aturan Pembagian Tugas yang Jelas

Bisnis tidak dibangun dalam satu malam dan bisa sukses dalam beberapa pekan. Dibutuhkan kerja keras dan usaha yang panjang untuk membangun bisnis dan meraih kesukesannya.

Artinya, Anda dan juga rekan harus memiliki etos kerja yang baik dan pembagian tugas yang jelas sejak awal. Hal ini penting, untuk mencegah terjadinya ketimpangan tanggung jawab dan juga kewajiban di antara Anda dan juga rekan bisnis tersebut.

6. Jujur dan Terbuka Satu dengan yang Lainnya

Selain berbagai hal di atas, kejujuran menjadi poin wajib yang tak bisa Anda abaikan. Pastikan memilih rekan bisnis yang jujur dan memiliki tanggung jawab kerja yang baik. Hal ini juga berlaku bagi Anda, sebab Anda dan juga rekan bisnis memiliki kepentingan yang sama dalam bisnis tersebut.

Memilih rekan bisnis tentu tidak selalu semudah yang dibayangkan, terutama jika berniat untuk membangun bisnis yang sukses dan besar. Cermati berbagai hal penting terkait dengan hal ini, termasuk berbagai kriteria yang memang benar-benar sangat dibutuhkan dalam sosok rekan bisnis. Jika semua terpenuhi dengan baik, maka Anda tentu sudah siap untuk membangun bisnis dan meraih kesuksesan bersamanya.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA