Tips Memilih Pekerjaan Yang Tepat

Tips Memilih Pekerjaan Yang Tepat
Advertising

Berkarier adalah keinginan semua orang, terutama bagi kamu yang baru saja menamatkan pendidikan dari bangku kuliah. Tentu saja apakah itu dengan bekerja atau merintis sebuah usaha. Buat kamu yang ingin berkarier atau bekerja di sebuah perusahaan, pastikan bahwa karier yang kamu pilih memang tepat.

Hal ini penting agar apa yang kamu kerjakan dapat berjalan dengan lancar. Kamu pun sebagai orang yang mengerjakan merasa nyaman karena sudah sesuai dengan passion, minat, maupun harapanmu. Ingat, bekerja yang dilandasi dengan cinta, semuanya akan terasa menyenangkan.

Tapi coba kalau kamu berkarier yang tidak sesuai dengan passion, maka kamu akan tertekan selama mengerjakan pekerjaanmu. Bisa-bisa pekerjaan jadi berantakan, dan sulit untuk menyelesaikannya. Belum lagi timbul masalah dalam bekerja, mengalami stres sehingga dapat berakibat buruk bagi kesehatan mentalmu.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu sudah memilih karier yang tepat. Jika belum tahu bagaimana memilih karier yang tepat, ikuti tips berikut ini:

1. Mengenali kemampuan dan bakatmu

Setiap orang pasti memiliki bakat dan kemampuannya masing-masing. Hal pertama yang harus kamu lakukan agar mendapat karier yang tepat adalah dengan mengenali bakat dan kemampuan yang ada pada dirimu. Tuliskan bakat dan kemampuanmu, misalnya menulis, menggambar atau melukis, menyanyi, olahraga, membuat kerajinan, merancang bangunan atau busana, dan sebagainya.

Kalau kamu masih kurang yakin, tanyakan kepada orang-orang terdekatmu, seperti orangtua, kakak, adik, sahabat, guru atau dosenmu. Setelah itu, mulai mencari pekerjaan yang berhubungan atau sesuai bakat dan kemampuanmu tersebut.

2. Kenali lebih dalam pribadimu

Tentu saja pribadi kamu dan orang lain berbeda. Ada yang mudah beradaptasi, ada yang tidak. Ada tipe orang yang terbuka, dan ada yang tertutup. Nah dalam hal ini, kamu pun harus mengetahui karakteristik atau kepribadianmu. Kalau kamu sudah tahu siapa dirimu, maka kamu akan lebih mudah memilih kariermu.

Jika kamu memiliki kepribadian introvert, mungkin bisa memilih bekerja di belakang layar atau tidak banyak berhadapan dengan orang lain. Sebaliknya, kalau kamu extrovert, berkarier lah pada bidang yang selalu berhubungan maupun berkomunikasi dengan banyak orang, misalnya bagian lapangan seperti wartawan, pembaca berita, host, public relation, atau lainnya.

3. Ikuti tes karier

Cara lain mengenali bakat, kemampuan, dan keahlianmu bisa lewat tes karier. Kamu diperintahkan untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang sudah ditentukan waktunya. Selanjutnya kamu akan diberi pilihan bidang karier yang cocok berdasarkan hasil jawabanmu tersebut. Tes karier ini dapat menjadi petunjuk bagimu untuk memilih karier yang tepat.

Kamu tidak perlu pusing mencari penyedia jasa tes karier, karena di internet sudah ada banyak website yang menawarkan tes karier. Sebagian ada yang berbayar, tapi ada juga yang gratis. Jika ingin yang berbayar, pilihlah yang sesuai dengan bujetmu.

4. Jangan ragu minta pendapat dari orang terdekat

Kadang mengenali diri sendiri memang sulit. Untuk itu, kamu perlu bantuan orang lain. Minta saran atau pendapat kepada orang-orang terdekatmu, seperti keluarga, sahabat, pasangan mengenai pilihan karier. Terbuka saja, ceritakan kepada mereka. Mereka pasti akan membantumu memberi saran terbaik untuk kemajuan kariermu. Apalagi kalau mereka memiliki lebih banyak pengalaman darimu.

5. Praktik kerja lapangan

Jika belum yakin, kamu bisa mengawali karier dengan bekerja sebagai anak magang. Praktik kerja lapangan akan membantumu mengenal dunia kerja secara nyata, mengembangkan kemampuanmu, serta mengukur seberapa besar kemampuanmu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Dengan praktik kerja lapangan atau magang, kamu nantinya dapat memilih karier yang cocok untukmu. Pengalaman bekerja bersama orang-orang yang lebih senior akan menjadi pelajaran berharga untukmu. Poin plus-nya lagi, memperluas networking yang akan sangat berguna untuk kariermu ke depan.

Karier yang Tepat adalah Awal kesuksesan

Memilih karier yang tepat merupakan awal dari kesuksesan. Kok bisa? Karena berkarier sesuai minat, bakat, dan kemampuan akan lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Kinerja dan produktivitas meningkat, sehingga gaji, bonus, dan kenaikan jabatan akan mengikutinya. Coba pikirkan lagi, apa pekerjaanmu yang sekarang sudah tepat untukmu?

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA