Tips dan Strategi Bagi Yang Mau Memulai Bisnis Event Organizer

Tips dan Strategi Bagi Yang Mau Memulai Bisnis Event Organizer
Advertising

Belakangan ini Bisnis Event Organizer (EO) sedang menjadi primadona. Di mana saat ini kebanyakan orang ataupun organisasi lebih memilih untuk menggunakan jasa EO untuk berbgai kepentingan acara yang mereka gelar.Pengggunaan EO ini dinilai lebih mudah dan praktis, sebab memungkinkan pemilik acara untuk bisa lebih fokus pada hal lainnya selain persiapan acara tersebut.

Inilah beberapa alasan yang belakangan ini menjadi penyebab jasa EO lebih banyak dipilih oleh kebanyakan orang untuk menggelar berbagai acara, terutama acaara yang bersakala besar dan membutukan sejumlah persiapan yang cukup rumit dan melelahkan.Mungkin kebanyakan orang telah mengetahui kalau EO merupakan sebuah bisnis layanan jasa yang bergerak di bidang pagelaran acara, baik itu yang memiliki skala kecil ataupun besar.

Semakin hari sepertinya bisnis ini kian menjadi perhatian banyak orang, karena mereka menilai bahwa bisnis ini memiliki peluang sukses yang cukup menjanjikan. Mengingat semakin banyaknya orang yang lebih memilih bisnis ini untuk perhelatan suatu acara, karena dinilai lebih mudah, praktis dan efisien di mana yang menanganinya biasanya adalah orang orang yang sudah expert di bidangnya.

Dengan adanya peristiwa seperti ini sehingga membuat bisnis ini semakin memiliki peluang besar untuk dapat berkembang dengan baik, sebab semakin banyak permintaan maka keuntungan yang didapatkan pun juga akan semakin banyak.Poin penting dalam memulai usaha dan bisnis event organizer (EO)
Jika saat ini anda memiliki ketertarikan terhadap bisnis EO, maka anda bisa untuk menerapkan beberapa tips berikut ini untuk bisa menjalankan bisnis ini dengan baik.

#1 Memiliki pengalaman yang cukup minimal sudah pernah terlibat dalam bidang ini
Perlu diketahui bahwa pada umumnya bisnis yang bergerak di bidang jasa menuntut para pelakunya untuk memiliki sebuah keahlian khusus dan juga pengalaman yang baik.

Hal ini pun senada dengan bisnis EO (Event Organizer). Pengalaman yang cukup sangatlah diperlukan untuk menjalankan bisnis ini.

Bagi mereka yang tertarik menjalankan bisnis ini namun pengalamannya kurang mencukupi maka bukan tidak mungkin kalau anda akan menemukan berbagai masalah, mengingat bahwa bisnis ini memerlukan sebuah keahlian khusus dalam menghandle berbagai acara. Oleh sebab itu anda bisa memikirkan kembali untuk memulai bisnis ini.

Jika ternyata setelah anda pikir pikir belum memiliki pengalaman dan kemampuan yang cukup untuk mendirikan bisnis EO ini, maka untuk memulainya anda bisa untuk bergabung ke EO orang lain sebagai tahap awal.

Di sana anda dapat belajar banyak dengan orang orang yang sudah berpengalaman, sehingga jika suatu saat anda mengingikan untuk mendirikan bisnis sendiri maka anda sudah lebih siap.

#2 Membangun tim kerja yang solid
Dengan terjun ke bisnis EO ini maka salah satu keuntungannya adalah anda bisa bertemu dengan berbagai macam karakter klien, dan berbagai macam kebutuhan yang berbeda beda antara orang yang satu dengan yang lainnya.

Sehingga sangat tidak mungkin jika anda menjalankan bisnis ini seorang diri. Anda akan selalu membutuhkan sebuah tim kerja untuk menganani setiap eventnya.

Alangkah lebih baik jika anda bisa mendapatkan orang yang benar benar ahli dan mampu untuk bekerja di dalam sebuah tim serta mereka bisa menghandle sebuah acara dengan baik sehingga bisa memuaskan setiap klien. Untuk mendapatkan itu semua pastinya membutuhkan waktu yang ekstra.

Kemampuan dalam menghandle sebuah bisnis pastinya akan sangat tergantung dengan kemampuan dalam membangun dan memimpin sebuah tim kerja. Bisnis EO akan sangat membutuhkan orang orang yang cakap dan ahli dalam bidangnya.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara membangun tim kerja yang efektif serta artikel menarik lainnya tentang Antisipasi menghadapi bisnis yang sedng sepi peminat.

#3 Perbanyak relasi untuk mempermudah mendapatkan klien
Dalam menjalankan bisnis EO, relasi memiliki peran yang sangat kuat dalam menentukan kesuksesan bisnis anda.

Untuk membangun relasi yang kuat dibutuhkan sebuah kemampuan tersendiri untuk bisa mendatangkan klien di dalam bisnis tersebut. Memiliki hubungan yang sangat baik dengan relasi akan memungkinkan untuk mendapatkan rekomendasi dari mereka kepada para calon klien baru anda.#4 Ketersediaan modal pertama yang kuat
Semua usaha baru itu pastilah membutuhkan modal, baik itu berupa materi mapun immateri. Sebenarnya banyak sekali sumber pendanaan modal usaha jika anda cermat dan jeli memahami info perbankan. Diantaranya adalah pinjaman modal usaha tanpa jaminan (KTA) ataupun program modal usaha dai pemerintah lainnya.

#4 Pastikan bahwa anda memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis ini. Sebab pada umumnya setiap event yang ditangani oleh EO tidak akan membayar biayanya secara full di awal.

Kebanyakan klien akan membayarkan separuhnya saja di awal, atau bahkan ada juga yang membayarnya secara penuh di akhir.

Dengan adanya hal hal seperti ini maka anda selaku pemilik EO haruslah selalu antisipasi dengan memiliki modal yang cukup untuk menutupi berbagai kebutuhan acara tersebut lebih dulu, sampai anda mendapatkan pembayarannya secara penuh.

#5 Dukung dengan kreatifitas yang tinggi
Dalam bisnis EO ada dua hal yang selalu dibutuhkan demi suksesnya usaha ini yakni Konsep dan Penanganan yang tepat.

Anda diharuskan untuk selalu berkembang dan mengikuti trend yang ada. Sehingga klien tidak akan bosan dengan sejumlah konep acara yang anda berikan. Berusahalah untuk selalu memberikan kreativitas tinggi dalam setiap event yang anda pegang, supaya klien menjadi terkesan dengan apa yang anda berikan.

Sumber : centrausaha.com


Tentang Isti RWD