Tips Bisnis Penginapan

Tips Bisnis Penginapan
Advertising

Memiliki usaha sampingan kini menjadi salah satu pilihan yang dijalankan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya adalah usaha penginapan. Sebenarnya, usaha menyediakan penginapan sudah banyak terdapat di kota-kota besar karena permintaannya yang terbilang tinggi.

Bagi Anda yang memiliki bangunan atau rumah yang berada di lokasi yang strategis, mengelola usaha penyediaan penginapan adalah usaha yang cocok. Sebab orang-orang yang datang dari luar kota atau luar daerah, rata-rata adalah mahasiswa, pasti akan mencari-cari penginapan.

Bila Anda berminat membuka usaha penginapan, beberapa tips berikut bisa dilakukan agar usaha penginapan berjalan dengan sukses.

1. Lakukan Riset dan Tentukan Target yang Ingin Disasar

Sebelum membangun penginapan, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap target/market yang ingin dituju. Anda bisa menyasar pekerja kantoran, siswa sekolah, mahasiswa, atau traveler.

Bila Anda menyasar traveler, pastikan bahwa lokasi yang dimiliki berada dekat dengan area wisata dan banyak dikunjungi pelancong. Sementara apabila tempat yang Anda miliki berada dekat dengan sekolah atau kampus, menyediakan kos atau kontrakan akan sangat menguntungkan. Sebab pelajar atau mahasiswa dari luar kota atau daerah akan mencari-cari tempat tinggal yang dekat sekolah atau kampus.

2. Cari Lokasi dengan Selalu Mempertimbangkan Harga dan Market

Setelah menentukan target market yang ingin disasar, langkah selanjutnya adalah hunting lokasi (bagi yang belum memiliki tanah/lokasi). Sebaiknya, jangan buru-buru dalam membeli properti, tetap pertimbangkan harga dan lokasi yang dipilih harus strategis.

Selalu sesuaikan pilihan Anda dengan market yang ingin dituju. Usahakan sebisa mungkin mencari pemilik tanah yang sedang membutuhkan uang. Besar kemungkinan dia akan menjualnya dengan harga miring.

3. Beli Properti Sesuai Kondisi Finansial

Apabila dana yang dimiliki terbatas, Anda tidak perlu membelinya dalam skala besar. Belilah properti dalam skala yang kecil walaupun hanya satu atau dua bangunan. Jika dana Anda hanya cukup untuk membeli properti dengan luas 100 m², janganlah terlalu memaksakan diri membeli yang lebih luas dari itu.

4. Rencanakan Tipe dan Pilih Bahan Bangunan yang Berkualitas

Setelah memiliki tanah yang siap dibangun, langkah berikutnya adalah membuat konsep terlebih dahulu mengenai tipe dan bahan bangunan yang ingin Anda gunakan. Di internet sudah banyak model rumah yang bagus dengan menggunakan bahan/material yang tidak mahal, tetapi tetap berkualitas.

5. Berikan Fasilitas yang Lengkap dan Percantik Interior atupun Eksterior

Lengkapi bangunan yang Anda punya dengan berbagai fasilitas penunjang. Anda bisa menambahkan AC, kamar mandi dalam kamar, internet gratis, dan lain-lain. Percantik interior dan eksterior bangunan dengan pilihan warna cat yang sejuk dan nyaman di mata. Dengan begitu, pengunjung merasa betah tinggal di penginapan.

6. Pasang Harga yang Realistis, tapi Tetap Bisa Memberikan Untung

Harga adalah salah satu elemen paling penting yang menjadi pertimbangan bagi orang-orang yang ingin menginap. Meskipun memiliki penginapan di lokasi yang strategis, memasang harga menginap yang mahal akan menyulitkan Anda mendapatkan pelanggan. Selalu tetapkan harga tidak jauh-jauh selisihnya dari harga yang ditetapkan kompetitor. Lebih baik ambil sedikit untung, tetapi berlipat sehingga nantinya mendapat profit yang banyak.

7. Pilih Karyawan yang Berdedikasi

Karyawan adalah salah satu indikator apakah pelayanan yang diberikan memuaskan atau tidak. Saran atau masukan dari pelanggan yang pernah datang menginap selalu penting untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Selalu memilih karyawan yang berdedikasi dalam melakukan pekerjaannya sekalipun Anda sedang membutuhkannya segera.

8. Kebersihan Penginapan Menjadi Standar Dasar yang Harus Terjamin

Jangan pernah menyepelekan kebersihan penginapan. Penginapan yang bersih akan selalu menjadi pilihan pengunjung. Mereka akan merekomendasikannya kepada orang lain dan akan berkunjung kembali jika kebetulan pergi ke lokasi yang sama. Sebaliknya, penginapan yang kotor akan membuat pengunjung tidak betah dan enggan untuk kembali menginap.

9. Promosi dengan Bundling Produk Lebih Diminati

Salah satu cara promosi yang efektif adalah dengan bundling produk. Yang dimaksud dengan produk di sini ialah penginapan yang Anda. Nah, untuk menarik banyak pelanggan, Anda perlu melakukan promosi bundling semisal promo diskon harga kalau menginap lebih dari 3 hari.

Atau bundling harga sewa murah dengan bonus transportasi antarjemput gratis ke tempat wisata dan lain-lain. Bentuk promosi bundling seperti ini umumnya memancing minat banyak orang. Dengan penawaran seperti itu, penginapan Anda akan dipilih sebagai pilihan untuk menginap.

10. Buat Nama Penginapan yang Unik dan Mudah Diingat

Berbicara tentang bisnis, nama adalah hal mutlak yang perlu diperhatikan. Kenapa? Nama merupakan identitas dan pengingat bagi pelanggan. Memiliki penginapan dengan nama yang unik dan mudah dikenal akan membuat orang tidak gampang lupa sehingga apabila berkunjung ke lokasi tersebut akan senantiasa ingat dengan nama penginapan yang ditinggali.

Siapapun bisa berhasil menjalankan usaha. Asal disertai tekad dan mau menjalankannya dengan tekun. Tips-tips di atas akan percuma bila tidak sungguh-sungguh dilaksanakan. Selalu memperhitungkan dengan cermat, baik dana maupun peluang yang ada. Sebab hal tersebut termasuk hal yang penting dalam membangun usaha, termasuk usaha penginapan.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA