Tips bisnis barbershop

Tips bisnis barbershop
Advertising

Jenis usaha yang bisa dikembangkan di era modern seperti sekarang ini tidak hanya usaha seputar kuliner atau online shop saja. Ada banyak jenis usaha yang tampaknya dianggap sepele, namun sesungguhnya memiliki keuntungan yang menjanjikan. Misalnya adalah usaha pangkas rambut khusus laki-laki atau lebih dikenal dengan babershop

Siapa yang menyangka kalau usaha babershop ini bisa meraup untung hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Meskipun usaha ini terlihat “biasa” saja, tapi usaha ini dibutuhkan oleh banyak laki-laki dewasa maupun anak kecil.

Agar tidak ada kata ragu lagi untuk membuka babershop, simak ualasannya berikut ini:

Keuntungan dari Bisnis Babershop

Setiap bisnis pastinya memiliki keuntungan yang berbeda-beda. Berikut lima keuntungan yang bisa dirasakan bila menjalankan bisnis babershop:

1. Selalu Dibutuhkan

Bisnis babershop dianggap sangat menjanjikan. Hal tersebut dilihat dari kepedulian laki-laki terhadap penampilannya semakin tinggi. Bila rambut sudah mulai susah diatur atau terlihat sudah tidak rapi, maka tanpa menunggu waktu lama segera pergi ke tempat potong rambut. Setidaknya bagi laki-laki perlu memotong rambutnya setiap sebulan sekali agar tetap terlihat rapi dan bersih. Dengan kondisi yang selalu dibutuhkan itulah, babershop tidak akan pernah kehilangan pelanggan di setiap harinya.

2. Mudah Dikerjakan

Memotong rambut tidak perlu menghabiskan waktu yang lama hingga berjam-jam, hanya saja membutuhkan waktu kurang lebih 15-20 menit. Selain itu, keahlian dalam memotong rambut juga perlu dipertimbangkan. Sebab, memotong rambut tidak hanya sekedar memotong biasa saja tapi juga harus mampu membuat penampilan seseorang dari yang “biasa saja” menjadi “luar biasa” dengan rambut barunya yang sudah rapi.

3. Peralatan Sederhana

Babershop tidak seperti salon wanita pada umumnya yang memiliki banyak ragam perlengkapan dan peralatan. Alat-alat yang dibutuhkan babershop cukup simple, di antaranya dengan modal sisir, gunting rambut, alat pencukur, dan vitamin rambut, bisnis barbershop sudah bisa berjalan sesuai yang diinginkan.

4. Modal Kecil

Membuka usaha babershop tidak membutuhkan modal yang banyak. Bila dilihat dari peralatan yang dibutuhkan memiliki harga yang sangat terjangkau dan mudah ditemukan dimana-mana. Paling tidak, Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk menyewa tempat saja. Tapi bila memiliki garasi, tak ada salahnya dijadikan sebagai babershop. Maka dari itu, usaha ini tidak membutuhkan modal awal yang begitu besar.

5. Bisnis Sampingan

Usaha barbershop bisa Anda jadikan sebagai bisnis sampingan di luar dari status Anda yang bekerja sebagai karyawan tetap di kantor. Jam buka barbershop bisa disesuaikan dengan jam pulang kantor. Manage waktu Anda sebaik mungkin agar kedua pekerjaan ini dapat berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

Tips Membuka Usaha Barbershop

Sebagai pelaku bisnis atau usaha tentu menginginkan bisnis yang dijalankannya bisa maju dan berkembang. Agar bisnis barbershop Anda laris manis di pasaran, simak beberapa tips berikut ini:

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Banyak tidaknya penduduk yang ada di lokasi sekitar barbershop akan sangat berpengaruh pada tingkat omzet yang didapat per bulannya. Pilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh banyak orang. Misalnya dekat pusat kota, pusat perbelanjaan, atau dekat dengan pasar.

2. Utamakan Kenyamanan Pelanggan

Meskipun tempat usaha barbershop Anda masih kecil, setidaknya Anda mampu menyulap tempat kecil tersebut menjadi tempat yang paling nyaman untuk potong rambut. Sediakan fasilitas tambahan agar konsumen tidak mudah bosan seperti televisi, radio, AC, majalah, air mineral, atau Wi-Fi gratis.

3. Harga yang Bersahabat

Tetapkan tarif harga yang sesuai di kanton konsumen. Jangan terlalu mahal dan jangan pula terlalu murah, tapi sesuai dan bersaing dengan pengusaha barbershop yang lain. Harga yang ditetapkan bisa disesuaikan dengan model potong, kualitas potong, peralatan yang digunakan dan fasilitas yang didapat oleh konsumen.

4. Tenaga Kerja yang Berpengalaman

Jika Anda ingin membuka usaha barbershop dalam skala besar, rekrutlah tenaga kerja yang berpengalaman di bidang pangkas-memangkas rambut. Pengalaman akan sangat menentukan kualitas dari hasil potongan rambut. Apabila konsumen puas, dia pasti akan datang kembali untuk memotong rambut di barbershop Anda. Mungkin saja usaha barbershop Anda dipromosikan kepada teman-temannya.

5. Ikuti Tren Gaya Potongan Rambut

Model rambut selalu berubah mengikuti tren. Untuk itu, Anda harus peka terhadap tren yang ada di masyarakat. Apalagi jika pangsa pasar Anda adalah anak muda. Lakukan survei di internet untuk mengamati tren yang kian populer sehingga model potongan rambut di barbershop Anda tidak ketinggalan zaman.

Jangan lupa juga untuk terus asah keahlian dalam memotong rambut, sehingga hasil potongan bisa sangat bagus dan rapi. Dengan begitu, pelanggan akan terus merasa puas.

Passion Kuat Menjadi Kunci Fokus

Penjelasan di atas bisa Anda jadikan sebagai pedoman sebelum memulai usaha barbershop. Pastikan usaha yang Anda jalankan ini sesuai dengan passion agar dapat menjalankan dan merintis dengan fokus. Dengan begitu bisnis ini akan terus berkembang memiliki pangsa pasar yang lebih luas dan bisa mendulang sukses di kemudian hari.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA