Tips Agar Bisnis Berkembang

Tips Agar Bisnis Berkembang
Advertising

Semakin hari semakin banyak orang Indonesia yang sadar akan pentingnya membangun bisnis di usia muda. Tidak heran jika persentase pengusaha di Indonesia terus meningkat. Menariknya lagi, banyak anak muda yang rela mengundurkan diri dari perusahaan agar mereka lebih fokus mengurusi progres bisnis.

Namun, meraih sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Generasi muda perlu mengasah logika berpikir untuk menghadapi tantangan yang timbul selama bisnis beroperasi. Pahami apa yang menjadi akar permasalahan, lalu cari jalan keluar terbaik untuk menuntaskan masalah. Imbangi logika berpikir dengan hal-hal berikut untuk mempercepat perkembangan bisnis.

1. Mendengarkan masukan dari pelanggan

Masukan dari pelanggan sangat penting, terutama jika Anda tidak mengonsumsi atau memakai produk yang dijual. Masukan yang diberikan bisa dijadikan sebagai bahan koreksi saat menciptakan suatu produk sehingga kualitas produk semakin bagus.

Manfaatkan kemajuan teknologi untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan. Jangan ragu untuk menghubungi pelanggan dan meminta pendapat mengenai produk yang pernah mereka beli.

Jika suatu hari Anda berencana untuk merilis produk baru, tidak ada salahnya untuk mengirimkan produk tester kepada pelanggan. Biarkan pelanggan menilai kualitas produk sebelum produk baru resmi diperjualbelikan kepada masyarakat luas.

2. Menciptakan produk yang lebih bervariatif

Agar pelanggan tidak bosan, lakukan perubahan pada produk yang dijual. Mulai dari bentuk, warna, hingga packaging agar lebih menarik. Kehadiran produk baru akan menambah antusias pelanggan untuk membeli suatu produk, apalagi jika produk yang dihasilkan cukup unik.

Agar semakin mudah, mintalah masukan dari pelanggan perihal varian produk yang mereka inginkan. Setelah itu, pilih satu atau dua jenis produk yang paling banyak direkomendasikan oleh pelanggan.

Apapun jenis produk yang akan diciptakan, pastikan produk tersebut tidak kehilangan ciri khasnya agar pelanggan dapat mengenali produk Anda dan produk orang lain.

3. Peka memanfaatkan setiap peluang

Tren di masyarakat terus bergerak. Namun, ada saat dimana tren lama kembali populer dalam kurun waktu tertentu, sedangkan tren baru mulai menghilang. Amati tren yang ada di masyarakat agar produk yang dijual selalu up to date.

Tentukan target pasar yang dituju agar produk cepat laku. Sediakan fitur navigasi untuk memudahkan pelanggan saat menemukan, mengganti, ataupun menambah jumlah barang yang ingin dibeli.

Manfaatkan setiap peluang yang ada di sekitar, baik peluang besar maupun kecil. Sebab, setiap peluang akan menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih jika Anda mampu mengolahnya dengan cermat dan bijak.

4. Bersedia menerima kritik dan saran

Meskipun barang yang digunakan sama, namun manfaat yang dirasakan pembeli berbeda-beda. Misalnya, si B dan C menggunakan produk skincare yang sama. Namun, C tidak merasakan manfaat dari skincare tersebut, sedangkan B melihat adanya perubahan sejak pemakaian pertama.

Perbedaan manfaat sering menimbulkan banyak kritik. Namun, kebanyakan kritik malah ingin menjatuhkan, bukan membangun. Untuk itu, Anda perlu bijak saat memilah kritik yang disampaikan oleh pembeli.

Ambil sisi positif dari setiap kritik yang diterima. Sepahit apapun kritik tersebut, terima dengan lapang dada dan jadikan sebagai bahan instrospeksi untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.

5. Menambah pengalaman dari kegagalan

Kegagalan sering dipandang sebagai hal negatif. Padahal, kegagalan lah yang akan mengajari Anda cara membenahi diri secara maksimal sehingga kegagalan tidak kembali terulang untuk yang kedua kalinya.

Kegagalan merupakan pelajaran paling berharga, bahkan lebih berharga daripada buku dan artikel yang dijual di toko buku. Ketika Anda mampu mengatasi kegagalan, percayalah bahwa sukses akan segera hadir di depan mata.

Ada banyak kisah hidup orang-orang sukses yang menginspirasi. Misalnya, Jack Ma, pendiri sekaligus CEO dari e-commerce Alibaba yang sudah berpuluh-puluh kali menghadapi penolakan di dunia kerja sebelum akhirnya berinisiatif membuka bisnis sendiri.

6. Percaya bahwa setiap masalah ada solusinya

Strategi bisnis terbaik sekalipun tidak dapat menghalau kerikil tajam yang melintas perjalanan bisnis. Jatuh, bangun, bahkan ditimpa tangga bukan menjadi hal yang tabuh lagi. Ketiganya bahkan sudah menjadi makanan sehari-hari.

Apapun yang terjadi, tetaplah semangat. Cobalah bangkit dari kegagalan hari ini demi mencapai kesuksesan di masa mendatang.

Percayalah jika setiap masalah memiliki jalan keluarnya masing-masing. Jangan cepat berputus asa jika menghadapi kegagalan. Pacu semangat Anda sehingga motivasi untuk mencapai kesuksesan semakin besar.

Itu dia hal yang perlu diingat agar bisnis cepat berkembang. Pertahankan sikap optimis yang ada dalam diri agar Anda tidak mudah putus asa saat menghadapi kegagalan. Ingat, setiap keringat yang Anda keluarkan akan terbayarkan dengan sebuah kesuksesan. Semangat!

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA