Rahasia Para Pebisnis Yang Sukses

Rahasia Para Pebisnis Yang Sukses
Advertising

Menjadi entrepreneur di usia muda adalah dambaan sebagian besar kita. Hanya saja, proses untuk mencapai level tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan sejak bagaimana memulai sebuah usaha, bagaimana mengelola lalu mengembangkannya menjadi bisnis yang produktif dan kompetitif, dan hal-hal penting lainnya.

Melihat kesuksesan para wirausahawan terlebih yang masih muda, mendorong orang-orang untuk turut mencoba menggeluti dunia bisnis. Jika sudah punya mimpi besar, rencana jangka pendek, serta dana, Anda bisa mewujudkan ide yang dimiliki menjadi sebuah kenyataan.

Namun tentu saja akan ada alur terjal yang harus dilalui sebelum meraih kepuasan bisnis. Para enterpreneur ketika memberikan pelatihan-pelatihan tak jarang memaparkan iming-iming gambaran kalau sudah sukses nanti. Sedangkan proses berusaha atau dorongan agar tetap mampu bertahan walaupun jatuh berkali-kali jarang terekspos.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memimpikan ingin menjadi pengusaha sukses muda, ada baiknya perhatikan beberapa cara berikut ini agar bisa mewujudkannya. Berikut beberapa rahasia menjadi pebisnis muda sukses:

1. Selalu Berpikir Ingin Menjadi Sukses

Seorang pengusaha harus mempunyai mimpi yang besar untuk menjadi sukses. Setiap kisah kesuksesan itu bermula dari mimpi-mimpi yang besar. Anda harus mempunyai visi dan misi yang jelas tentang apa yang ingin dicapai. Tetapi tidak berhenti dimimpi saja, Anda harus mempunyai keinginan yang kuat untuk memvisualisasikan sukses itu dalam pikiran Anda bayangkan bahwa kesusksesan itu ada di depan mata Anda dan hampir merasakannya. Karena tanpa niat dan kemauan untuk menjadi lebih maju akan sulit untuk merealisasikan semuanya.

2. Mempunyai Semangat Lebih Dengan Apa yang Dilakukan

Anda terjun ke dunia bisnis mungkin ingin merubah seluruh atau sebagian kehidupan yang sedang dijalani. Perlu diketahui juga sebuah kesuksesan itu tidak datang dengan sendirinya. Sebaliknya jika Anda mencintai dengan apa yang sedang Anda lakukan, akan berbanding terbalik jika segala aktivitas yang dikerjakan tidak didasari dengan kecintaan Anda terhadap pekerjaan tersebut. Atau malah Anda bahkan tidak bergairah dan membencinya, maka sampai kapanpun Anda tidak akan bisa meraih impian itu.

3. Fokuskan Pada Kekuatan yang Anda Miliki

Setiap pribadi seseorang pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Agar lebih meyakinkan pada diri Anda perlu dilakukan identifikasi kekuatan atau kelebihan yang dipunyai terletak dimana, dan tetap usahakan harus selalu berkonsentrasi. Misalnya saja contoh kasusnya ialah dalam berbisnis, jika keunggulan yang dimiliki terletak pada insting marketing yang kuat maka manfaatkanlah kekuatan itu. Apabila diperlukan untuk terus mengasah kemampuan yang dimiliki ikutilah pelatihan formal sebagai modal dasar untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

4. Bekerja Keras Terhadap Apapun yang Tengah Dikerjakan

Seorang pengusaha yang telah meraih kesuksesannya itu selalu dituntut untuk bekerja keras dan sungguh-sungguh dengan apa yang dilakukannya. Tidak mungkin untuk mencapai sebuah kesuksesan hanya semudah membalikkan telapak tangan. Karena seseorang yang ingin meraih hasil besar merekapun harus bersiap untuk memberikan yang lebih pada setiap pekerjaannya. Anda harus mempunyai visi dan tujuan yang jelas dan yang paling penting bersemangat dengan apa yang dilakukan.

5. Ada Kemauan untuk Terus Belajar

Anda tidak harus mempunyai gelar yang banyak jika ingin menjadi seorang yang sukses dalam hal berbisnis. Bahkan ada juga orang yang tidak menyelesaikan sekolahnya tetapi dia bisa menjadi pengusaha besar. Paling penting dari semuanya adalah keinginan yang kuat untuk terus belajar dan belajar.

Elemen penting yang harus ada dalam setiap pembelajaran ialah selalu ingin tahu dengan hal-hal yang baru, tertarik untuk mencoba sesuatu di luar bidang yang dikuasai, selalu bertanya jika Anda tidak mengerti karena ada peribahasa mengatakan ‘Malu Bertanya Sesat Di Jalan’ dan kemauan untuk belajar menjadi faktor penting mengingat perubahan teknologi yang kian cepat sehingga pengetahuan akan bisnis pun tidak akan ketinggalan.

6. Mulailah untuk Mendisiplinkan Diri Anda

Disiplin diri merupakan kunci untuk menuju sebuah kesuksesan. Dengan disiplin pula telah banyak pengusaha sukses yang telah meraih impiannya. Terapkanlah hal tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk terbiasa berdisiplin dalam berbagai hal baik itu disiplin waktu maupun disiplin manajemen. Sehingga tidak akan sulit apabila nanti Anda dituntut untuk patuh dan taat pada pekerjaan yang tengah dijalani. Maka dengan begitu secara para pelaku usaha dituntut supaya berusaha lebih keras lagi dan selalu mempunyai keinginan untuk memenangkan pertempuran dalam berbisnis.

7. Terus Perluas Jaringan Kerja Anda

Dalam hal berbisnis perlu adanya bantuan apalagi bila bisnis itu masih terbilang kecil. Maka dengan begitu pelaku bisnis dituntut supaya bisa memperluas jaringannya dengan cara melakukan pertemuan atau berkumpul dengan pebisnis lain untuk membicarakan menjalin kerjasama. Hal ini bertujuan agar lebih memperkokoh usaha yang Anda jalani atau dengan cara mengajak rekan bisnis lain untuk mau melakukan investasi terhadap usaha yang Anda jalani.

Pada tahap ini pula seorang pelaku bisnis wajib memiliki keahlian networking yang baik dan selalu jeli untuk bisa membaca keadaan peluang yang ditawarkan kepada Anda.

8. Apa yang Anda Lakukan Sesuai dengan Rencana yang Telah Disusun

Pengusaha sukses pasti harus mempunyai visi dan misi yang jelas untuk ke depannya. Agar rencana yang telah tersusun rapi bisa dijalankan dengan baik dan disesuaikan setiap harinya, dan selalu tetap fokus. Strategi ini akan hancur dengan sendirinya apabila Anda tidak konsisten dalam menjalankannya. Maka dari itu diperlukan keahlian dan keterampilan agar bisnis yang tengah Anda tekuni bisa berhasil sesuai dengan rencana Anda sebelumnya.

9. Mempunyai Daya Tahan yang Kuat Dalam Berbisnis

Tidak ada seorang pun yang mengatakan bahwa jalan menuju kesuksesan itu mudah. Meskipun telah dibarengi niat yang baik dan kerja keras, kadang-kadang Anda akan gagal dengan sendirinya. Bahkan tidak sedikit pengusaha yang mengalami kemunduran dan sampai gulung tikar. Namun tidak sedikit pula pengusaha yang bangkit dan bertahan dalam bisnisnya walaupun hampir mengalami kemunduran. Kunci sukses dalam berbisnis ialah keyakinan yang kuat. Ingat jika Anda tekun dan gigih dalam memperjuangkan hal apapun maka hasil yang diterima pun tidak akan membohongi diri Anda sendiri.

10. Belajarlah Dari Kegagalan

Tidak ada bisnis atau rencana bisnis yang dapat memprediksi masa depan, atau sepenuhnya mempersiapkan Anda untuk menjadi pengusaha sukses. Tidak ada rencana yang sempurna. Jangan melompat langsung ke bisnis baru tanpa pikiran yang matang atau perencanaan yang baik, tetapi jangan pula menunggu terlalu lama untuk mengeksekusi sebuah peluang bisnis. Hal paling penting yang dapat Anda lakukan adalah belajar dari kesalahan Anda, dan jangan pernah membuat kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Beberapa tips tersebut dapat Anda menjadi bahan acuan Anda supaya dapat menjalankan segala hal dengan baik. Konsepkan dengan baik dan rapih semua yang Anda rencanakan, karena apabila telah terkonsep secara rapi, maka Anda tidak akan kesulitan dalam menjalankannya. Untuk menjadi sukses itu memang diperlukan semangat dan tekad yang kuat, karena tanpa semua itu mustahil Anda bisa meraih titel sebuah kesuksesan.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA