PEluang usaha salon kecantikan

PEluang usaha salon kecantikan
Advertising

Salah satu hal yang mungkin paling diperhatikan oleh para wanita adalah penampilan. Sehingga hampir sebagian besar wanita rela merogoh kocek yang tidak sedikit jumlahnya dan waktu berjam-jam di salon kecantikan untuk mempercantik diri.

Ada banyak hal yang ditawarkan salon kecantikan ini, mulai dari dari potong rambut, hair creambath, facial wajah, SPA & relaxation, dan masih banyak lagi.

Nah, peluang bisnis ini pun bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu ide bisnis yang menguntungkan. Apalagi kini peluang bisnis kecantikan semakin terbuka lebar.

Bila Anda memiliki kemampuan dan tertarik menekuni bidang ini, tak ada salahnya untuk terjun di dunia usaha yang satu ini. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dan cara membuka bisnis salon kecantikan:

1. Asah Kemampuan Terlebih Dahulu

Jika Anda memang serius ingin menjalankan bisnis salon kecantikan ini, maka terlebih dahulu yang harus Anda lakukan adalah mengasah kemampuan terkait soal kecantikan terlebih dahulu. Jika Anda memang sudah memiliki skill yang mumpuni, jangan ragu untuk memulai bisnis ini.

Namun, jika Anda sama sekali tidak mengetahui soal ini, sebaiknya tahan dulu keinginan Anda untuk membuka salon kecantikan. Sebab, bisnis ini membutuhkan keahlian khusus. Apalagi bila Anda ingin membuka salon kecantikan yang dikelola sendiri.

Maka secara otomatis Andalah yang akan menangani langsung perawatan-perawatan untuk pelanggan. Tentu, pelanggan ingin mendapatkan perawatan dan pelayanan yang terbaik dari ahlinya, bukan?

Nah, jika Anda belum memiliki kemampuan, jangan khawatir. Anda bisa terlebih dahulu mengikuti kursus kecantikan. Ada banyak jasa yang menyediakan kursus kecantikan. Jika Anda memang berniat membuka salon kecantikan, segeralah mengikuti kursus kecantikan dan bekali diri Anda dengan kemampuan akan hal ini.

2. Mulai Buat Perencanaan

Setelah memiliki kemampuan yang cukup, Anda bisa mulai membuat perencanaan terkait bisnis salon kecantikan. Anda bisa memulai dengan menulis target sasaran bisnis, prospek ke depan, dan bagaimana cara menangani bisnis tersebut.

Buatlah rencana bisnis yang spesifik, dengan menuliskan poin-poin penting yang dibutuhkan. Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan mendata alat dan barang yang Anda butuhkan untuk membuka bisnis salon kecantikan.

Kelompokkan barang-barang tersebut, mana yang sudah Anda miliki dan mana yang harus dibeli untuk melengkapi salon kecantikan Anda. Selain itu, tentukan pelayanan seperti apa yang akan Anda tawarkan pada para konsumen.

Fokuskan pada pangsa pasar yang sudah Anda buat serta target yang ingin dicapai. Jangan lupa untuk memikirkan strategi pemasaran yang tepat, sehingga salon kecantikan yang Anda miliki berbeda dengan lainnya. Ini akan memberikan nilai tambah untuk salon Anda.

3. Cari Lokasi yang Strategis

Mulailah mencari lokasi yang tepat atau strategis untuk bisnis salon kecantikan Anda. Dengan tempat yang strategis, akan memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen, dalam hal ini lokasinya mudah dijangkau.

Anda bisa mencari lokasi yang dekat dengan pusat keramaian, seperti sekolah, kantor, supermarket, dan memiliki akses yang mudah dijangkau. Anda juga bisa mencoba membangun bisnis salon di Kawasan pusat perbelanjaan, yang mana nantinya mereka bisa berbelanja sekaligus menikmati perawatan kecantikan.

Saat ini, banyak orang yang lebih memilih melakukan beragam kegiatan di satu tempat karena lebih praktis. Ini dinilai bisa menghemat waktu mereka.

4. Siapkan SDM

Tentu saja dalam membangun bisnis itu dibutuhkan adanya tenaga atau pekerja (SDM/sumber daya manusia) yang berkualitas. Dalam bisnis salon kecantikan, SDM menjadi peran kunci yang penting sebagai salah satu penentu kesuksesan bisnis Anda.

Untuk itu, siapkan SDM yang memang memiliki kompeten pada bidang tersebut. Maka, carilah SDM yang sudah berpengalaman atau mereka yang lulus dari sekolah maupun kursus kecantikan. Jika perlu, Anda bisa mengirim karyawan Anda untuk mengikuti kursus atau sekolah kecantikan, sehingga bisa mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

5. Mengatur Keuangan

Jangan lupa untuk mengatur dan merinci keuangan pada bisnis Anda. Simpan data-data yang penting mengenai pinjaman dan lain sebagainya. Jangan menghabiskan modal yang Anda miliki di luar dari kemampuan.

Selain itu, hindari untuk melakukan pinjaman secara berlebihan. Dalam mengeluarkan dana, jadilah hemat dan bijaksana, terutama jika Anda baru memulai bisnis tersebut. Bila Anda terlalu boros dalam mengeluarkan dana, maka nantinya dapat menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA