Peluang Usaha Agrobisnis

Peluang Usaha Agrobisnis
Advertising

Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian dengan potensi sumber daya beraneka ragam. Sayangnya, permintaan tak sebanding dengan jumlah produksi, sehingga negara ini harus impor untuk memenuhi kebutuhan.

Sebetulnya ada peluang besar bagi kamu untuk menggeluti bisnis di bidang pertanian, terutama para lulusan agribisnis. Dengan begitu, bukan hanya keuntungan yang diperoleh, tapi kamu juga bisa menggenjot produksi pertanian lokal sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor.

Berikut peluang bisnis yang menjanjikan bagi lulusan ilmu agribisnis, antara lain:

1. Menanam dan Menjual Sayuran Organik

Saat ini, banyak orang sudah mulai sadar hidup sehat. Mereka menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran organik. Organik karena tidak menggunakan pupuk bebas pestisida. Meski harganya mahal, sayuran organik tetap diburu para konsumen karena mengandung vitamin dan antioksidan tinggi.

Jika tertarik berbisnis sayur organik, kamu bisa mencari berbagai informasi mengenai pemilihan bibit sayuran terbaik dan cara bertani sayuran organik dari internet maupun lainnya, sehingga hasil panen sayuran organik memuaskan.

2. Menjual Pupuk dan Pestisida

Bisnis ini cocok bagi kamu lulusan agribisnis dan tinggal di pedesaan dan dikelilingi daerah pertanian. Kamu bisa menjadi penjual pupuk dan pestisida untuk petani yang ada di sekitar tempat tinggal. Bila kamu tidak memproduksi sendiri, carilah produsen pupuk dan pestisida terbaik supaya produk yang dijual ke petani benar-benar berkualitas. Sebab baik buruknya barang yang dijual akan berpengaruh pada kelangsungan bisnis kamu di kemudian hari.

3. Budidaya Tanaman Hias

Permintaan konsumen terhadap tanaman hias tidak pernah ada matinya, apalagi saat dunia termasuk Indonesia menyerukan dan berkomitmen mengurangi dampak perubahan iklim atau global warning. Tanaman hias jadi sumber oksigen di sekitar rumah, bisa pula dijadikan pajangan cantik di pekarangan rumah. Anda bisa mengembangbiakkan tanaman hias yang dimiliki, lalu menjualnya ke masyarakat atau ke pasar terdekat.

4. Menyewakan Alat-Alat Pertanian

Jika kamu tidak terlalu ahli untuk bertani tanaman hias atau aneka hasil pertanian lain, bagaimana dengan bisnis sewa-menyewa alat pertanian? Menyenangkan bukan? Meski bisnisnya di bidang sewa, tapi kamu tidak membutuhkan seluruh alat-alat pertanian tersebut. Kamu bisa meminjamnya dari produsen alat-alat pertanian dan menyewakannya kepada petani setempat.

Keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini bisa ditabung dan digunakan untuk membeli alat-alat pertanian sendiri, sehingga kamu tidak perlu pinjam sana-sini atau menjadi tangan ketiga lagi karena sudah memiliki akat-alat pertanian yang lengkap.

5. Konsultan di Bidang Pertanian

Apabila kamu memahami ilmu pertanian secara detail dan ingin menyalurkan sebagian ilmu tersebut kepada para petani, kamu bisa membuka bisnis jasa konsultan di bidang pertanian. Jadi tugas kamu mengadakan penyuluhan dan memberitahukan cara bertani dengan baik, tingkat keasaman tanah yang baik untuk dijadikan lahan pertanian, dan sebagainya. Bisnis yang satu ini terbilang cukup langka, jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan persaingan.

6. Menulis Blog tentang Pertanian

Jika ingin berbagi ilmu seputar pertanian ke masyarakat yang lebih luas, kamu dapat berbagi melalui blog khusus pertanian. Jadi informasi yang ada di dalam blog tersebut membahas pertanian secara keseluruhan. Informasi yang ditulis tidak hanya bermanfaat bagi petani saja, tapi juga bagi mahasiswa jurusan pertanian yang sedang menyelesaikan skripsi atau mengerjakan tugas.

Menjalankan bisnis lewat blog online kelihatannya sepele, tapi bisnis ini sangat menjanjikan. Apalagi di era modern, di mana internet dapat dijadikan sebagai sumber informasi terpercaya, terakurat, dan lebih praktis daripada buku. Yang pasti buatlah konten bermanfaat bagi pembaca agar jumlah pembaca yang singgah ke blog milikmu bertambah banyak, sehingga blogmu lebih menghasilkan.

Inovasi Demi Kesejahteraan Bersama

Ilmu apapun yang didapat sewaktu duduk di bangku kuliah sebaiknya jangan disia-siakan begitu saja. Perlu dimanfaatkan untuk membuka bisnis yang menghasilkan keuntungan, seperti bisnis di atas bagi mahasiswa lulusan agribisnis. Begitupula dengan bidang ilmu lainnya. Jika terbentur masalah dana, kamu bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Multiguna (KMG) untuk modal usaha. Sudah saatnya kita menjadi orang yang lebih kreatif, sehingga manfaat maupun keuntungan tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang lain.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA