Peluang Bisnis Online

Peluang Bisnis Online
Advertising

Tak bisa dipungkiri kehadiran internet memberi kemudahan bagi hidup manusia saat ini. Semua bisa dilakukan dengan online. Jika dimanfaatkan dengan bijak, internet dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. Enggak perlu capek-capek lagi banting tulang, uang akan mengalir ke kantong lewat kreativitas si pengguna.

Dari internet, bisnis online makin menjamur. Bisnis ini banyak macamnya. Tidak hanya membuka jualan di media sosial atau marketplace saja, tapi ada bisnis lain yang dijalankan secara online menggunakan sambungan internet.

Saking maraknya, bisnis online menjadi peluang manis bagi para pelaku usaha, termasuk pemula karena sangat mudah dan murah dibandingkan menjalankan bisnis konvensional. Apalagi dewasa ini, tren masyarakat lebih suka belanja online ketimbang offline.

Kalau masih bingung, tenang. Ada beberapa cara untuk bisa menghasilkan uang dengan cepat lewat bisnis online atau internet:

1. Jual Beli Online

Bisnis online yang satu ini memiliki peluang menjanjikan. Jika Anda ingin usaha jual beli online dengan modal kecil, Anda bisa mulai dengan menjadi reseller ataupun dropshipper. Modalnya hanya kuota internet dan kelihaian memilih supplier yang terpercaya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sosial media ataupun marketplace, seperti Tokopedia, BukaLapak, Lazada, dan lainnya sebagai wadah untuk memasarkan produk jualan Anda.

2. Menjadi Online Freelancer

Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda untuk menghasilkan uang secara online, yaitu dengan menjadi seorang online freelancer ataupun pekerja lepas online. Ada beragam pekerjaan lepas yang bisa Anda geluti, seperti web developer, desainer grafis, editor online, penulis artikel, dan lainnya. Hanya bermodal koneksi internet, Anda bisa menghasilkan uang dengan mudah. Kuncinya, rajin mengakses situs penyedia lowongan pekerjaan online untuk mendapatkan pekerjaan lepas yang sesuai dengan keahlian Anda.

3. Jasa Kursus dan Konsultasi Online

Bisnis online lain yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang adalah dengan menjadi guru kursus ataupun konsultan online. Jika Anda ahli bermusik, Anda bisa menjadi pengajar atau coach di berbagai situs penyedia jasa kursus musik yang sedang marak saat ini. Kalau jago mengajar pelajaran sekolah, Anda bisa memberikan kursus online di situs seperti Ruang Guru. Selain itu, Anda juga bisa memberikan jasa konsultasi kesehatan ataupun jasa konsultasi psikologi secara online.

4. Menjadi Translator

Jika Anda mahir berbahasa asing, jadikan kemampuan itu untuk meraup penghasilan besar. Saat ini, banyak perusahaan lokal bekerja sama dengan investor atau perusahaan asing dari berbagai negara. Hal ini menuntut banyak dokumen disajikan dalam bahasa asing dan perusahaan biasanya akan memasang lowongan pekerjaan untuk penerjemah di situs online atau situs lowongan kerja. Jadi pastikan Anda selalu update kesempatan kerja tersebut untuk menjadi translator online.

5. Menjadi Youtuber

Kalau pekerjaan yang satu ini jangan ditanya lagi. Generasi milenial sekarang ini lebih tertarik jadi Youtuber daripada jadi insinyur. Inilah yang pernah disindir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Kenapa begitu? Ya, karena penghasilan sebagai Youtuber jauh lebih besar. Tapi tentunya untuk bisa terkenal dan punya pelanggan (subscriber) yang banyak, Anda harus mengunggah video maupun konten-konten kreatif, menghibur, dan bermutu. Jika sudah begitu, tawaran endorse produk dari berbagai perusahaan akan berdatangan dengan penghasilan tinggi.

6. Menjadi Blogger

Kemampuan menulis ternyata juga bisa menjadi sumber penghasilan. Kalau Anda hobi menulis, menjadi blogger akan sangat menguntungkan. Anda dapat menuangkan ide-ide kreatif ke dalam sebuah tulisan untuk menarik minat pembaca. Topiknya terserah minat Anda, traveling, kesehatan, gaya hidup, atau menulis berdasarkan pengalaman Anda. Jika Anda sudah memiliki ‘nama’ dan pembaca setia, maka blog Anda dapat menjadi ladang uang.

Semua Butuh Proses

Apapun pekerjaan yang akan digeluti secara online, agar bisa sukses, Anda harus konsisten menjalankannya. Untuk bikin bisnis online Anda dikenal masyarakat, pasti butuh proses. Tidak langsung instan, karena sesuatu yang instan biasanya akan cepat pudar. Jadi lakukan yang terbaik untuk bisnis online Anda dan kelak Anda akan merasakan keuntungannya. Selamat mencoba.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA