Metode untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

Metode untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan
Advertising

Metode untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan – Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Jika pelanggan terpuaskan dengan produk maupun pelayanan bisnis Anda, maka seharusnya mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.

Namun faktanya, tidak sesederhana itu. Ketidakpuasan pelanggan tersebut bisa jadi karena produk atau perlakuan yang diterimanya tidak sesuai dengan harapan. Mereka merasa kecewa dan akhirnya beralih ke pesaing Anda yang berhasil menawarkan sesuatu yang lebih baik.

Oleh sebab itu, penting sekali melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk mendapatkan feedback atau umpan balik. Sehingga Anda bisa lebih memahami pelanggan dan dapat meningkatkan kualitas produk dan pelayanan bisnis Anda. Nah, berikut beberapa cara atau metode yang bisa Anda terapkan.

1. Lewat Penyampaian Keluhan dan Saran

Permudah pelanggan untuk menyampaikan keluhan dan saran. Anda bisa menyediakan kotak saran yang diletakkan di kantor atau toko Anda. Berikan juga nomor telepon untuk pengaduan pelanggan. Selain itu, gunakan media sosial dan email untuk menampung testimoni dari pelanggan. Biarkan pelanggan berkomentar di kolom komentar media sosial atau mengirimkan Anda email untuk menyampaikan masukan.

2. Adakan Survei Kepuasan Pelanggan

Metode keluhan dan saran belum cukup untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Anda juga perlu melakukan survei secara berkala, baik itu melalui pengisian kuisioner atau wawancara. Tanyakan hal-hal yang sangat penting mengenai pengalaman mereka saat menggunakan produk dan menerima layanan Anda. Minta mereka menjawabnya dengan jujur dan jelas, agar hasil surveinya bisa menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

3. Gunakan Jasa Ghost Shopper

Ghost shopping dilakukan dengan cara menyewa sejumlah orang sebagai ghost shopper untuk berpura-pura menjadi pembeli atau konsumen potensial. Metode ini jangan sampai diketahui oleh karyawan atau anak buah Anda. Nantinya tugas mereka mengamati kelebihan dan kekurangan produk dan kinerja perusahaan Anda maupun pesaing Anda. Semua temuan akan menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas bisnis Anda.

4. Analisis Mantan Pelanggan

Pelanggan yang sudah lama menghilang bisa Anda hubungi kembali untuk menanyakan kabarnya. Anda bisa coba meneleponnya untuk menanyakan penyebab mereka berhenti berlangganan. Dengan begitu, Anda dapat menganalisis dan mengetahui secara pasti alasan pelanggan berpaling ke kompetitor. Sehingga Anda bisa mencari solusi yang tepat dan bahkan menjangkau kembali mantan pelanggan Anda tersebut.

Tentang Isti RWD