Meniru Kebiasaan Para Pebisnis Negara Jepang Dan Amerika

Meniru Kebiasaan Para Pebisnis Negara Jepang Dan Amerika
Advertising

Tanpa bekal ide, inovasi, dan pengetahuan bisnis yang memadai, menjalankan usaha akan terasa sangat sulit. Ada beberapa hal yang perlu Anda tanamkan di dalam diri agar mantap dengan bisnis yang ditekuni. Karena salah sedikit melangkah, bisnis Anda jadi taruhannya.

Untuk menjadi seorang pengusaha, membutuhkan sikap mental yang kuat, berani. Istilahnya mental baja, tahan banting. Sikap mental ini yang akan membawa pengusaha menggapai pucuk kesuksesan, selain strategi jitu.

Sikap mental ini memang biasanya sudah ada di dalam diri masing-masing orang. Tapi Anda juga bisa belajar dari mana saja kok, termasuk dari para pengusaha yang sukses membangun bisnis dari nol.

Sebagai teladan berbisnis, Anda bisa meniru kebiasaan ala orang Jepang dan Amerika Serikat (AS) yang sudah terbukti merajai bisnis dunia. Berikut tips memulai dan menjalankan bisnis agar sukses seperti mereka:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Ala Orang Jepang

1. Terapkan Disiplin yang Tinggi

Tak perlu diragukan lagi kalau orang Jepang sangat unggul dalam hal disiplin. Karakter ini sudah terpatri dalam diri mereka sejak dini. Pantas saja jika Negeri Sakura dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi kedisiplinan. Disiplin ini mereka terapkan di manapun berada dan saat kapanpun.

Begitu pula saat memulai dan menjalankan bisnis, orang Jepang sudah tersohor memiliki etos kerja yang tinggi. Disiplin dalam jam kerja ini membuat produktivitas mereka sangat tinggi, sehingga mudah mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Jangan coba-coba ngaret sama orang Jepang ya.

2. Jaga Loyalitas

Dalam berbisnis, Anda bisa meniru loyalitas orang Jepang. Berlaku loyal lah dalam bisnis yang Anda tekuni. Jangan mudah bosan dalam proses memulai maupun mengelola bisnis nantinya. Hindari rasa bosan dengan selalu mencari celah dan solusi terbaik dalam mengatasi masalah dalam bisnis Anda. Jika tidak loyal, maka bisnis Anda dijamin tidak akan pernah maju dan berkembang.

3. Kerja Terampil dan Cekatan

Dalam memulai bisnis, jangan izinkan kata malas ada dalam kamus hidup Anda. Masa-masa awal merintis usaha adalah masa yang paling menentukan keberlanjutan bisnis Anda. Maka, gelutilah bisnis Anda dengan terampil dan cekatan.

Anda perlu menyadari bahwa banyak kompetitor di luar sana yang juga ingin menarik pasar sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, Anda dapat lebih terpacu untuk bekerja secara terampil dan cekatan. Supaya makin terampil, jangan pernah berhenti belajar dan berinovasi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Ala Bule Amerika

1. Fokus pada Satu Saja

Di era yang serba instan ini, seakan memberi pebisnis banyak lahan dan peluang baru untuk memulai usaha. Walaupun begitu, Anda tidak boleh terlena untuk merambah berbagai peluang bisnis, seperti yang disarankan oleh Scott Gerber, pengusaha muda asal Amerika.

Gerber mengatakan bahwa akan lebih baik jika Anda fokus dulu pada satu peluang bisnis jika Anda newbie dalam berbisnis. Bila Anda fokus, maka seluruh gagasan dan pikiran Anda akan tercurah sepenuhnya pada pengembangan bisnis tersebut sehingga akan lebih terarah. Bukankah mengelola satu bisnis saja tidak mudah, apalagi banyak.

2. Berpikir Out of The Box

Salah satu kendala yang dihadapi kebanyakan orang dalam memulai bisnis adalah sulit mendapatkan ide bisnis yang bisa dijadikan peluang. Anda perlu berpikir secara unik dan out of the box untuk melahirkan ide bisnis yang unik dan jarang dipikirkan oleh orang lain.

Dengan ide bisnis yang unik, maka bisnis Anda akan memiliki daya tarik lebih dan akan selalu dicari karena keunikan dan kelangkaannya.

3. Habiskan Jatah Gagal

Kegagalan adalah hal wajar dan merupakan bagian dari risiko berbisnis. Anda harus terus belajar dari kegagalan maupun kesalahan yang diperbuat. Jangan pernah takut gagal dan menjadikan kegagalan sebagai batu sandungan bagi kelancaran bisnis Anda. Jika gagal, bangkit, terus lah belajar, dan mencoba.

Jadikan kegagalan tersebut sebagai pengalaman berharga agar tak terulang di masa mendatang. Karena ada pepatah yang mengatakan: habiskan jatah gagal Anda, agar kelak diganti menjadi kesuksesan.

Dalam perjalanan bisnis, naik dan turun adalah hal yang lumrah. Anda sebaiknya mempersiapkan mental dan pengetahuan bisnis saat memutuskan untuk berbisnis. Jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru, takut memulai, apalagi takut gagal. Rasa takut yang menguasai diri Anda hanya akan menghambat kesuksesan bisnis Anda.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA