Memanfaatkan Market Place Untuk Jualan Barang Bekas

Memanfaatkan Market Place Untuk Jualan Barang Bekas
Advertising

Barang bekas atau barang tidak terpakai kerap bikin kamu pusing. Selain harus dibersihkan dan dirapikan, barang-barang bekas ini juga memakan banyak tempat di rumah, seperti di kamar tidur, ruang keluarga, gudang, dan ruangan lainnya. Repot kan?

Kalau kamu masih menggunakan barang-barang ini sih tidak masalah. Yang jadi masalah adalah ketika sudah tidak dipakai lagi, dan barang-barang tersebut hanya menjadi tumpukan tidak berguna. Padahal bisa saja berbagai barang kamu justru dibutuhkan orang lain.

Maka dari itu, daripada dibiarkan menumpuk hingga berdebu, rusak karena usang, lebih baik kamu menjual barang-barang bekas tersebut. Syaratnya asal masih layak dipakai. Lumayan kan, selain mengurangi barang tidak terpakai, kamu juga dapat pemasukan dari hasil jualan tersebut.

Sekarang ini menjual barang bekas tidak lagi repot, karena ada situs jual beli online atau marketplace yang memberi wadah buat kamu buka lapak online. Tinggal daftar jadi merchant, kamu sudah bisa menjajakan barang-barang bekas atau barang tidak terpakai. Jangan lupa cantumkan deskripsi dan foto barang, harganya, dan cara pemesanan maupun pembayaran.

Berikut ini 5 situs jual beli online atau marketplace barang bekas yang bisa kamu coba:

1. Prelo

Jika kamu ingin buka lapak barang bekas, Prelo bisa jadi pilihan. Pada praktiknya, Prelo menyediakan rekening bersama yang memungkinkan transaksi jual beli berjalan dengan lebih aman. Selain itu, situs ini juga memberikan garansi selama 3 hari penuh bagi pembeli untuk mengajukan klaim maupun refund atas pembelian di situs tersebut.

Prelo menerapkan sistem pembagian keuntungan untuk penjual, di mana besarannya 0-10%. Namun jika kamu tidak ingin berbagi keuntungan, maka kamu wajib membagikan iklan situs tersebut di media sosialmu.

2. Tokopedia

Satu lagi situs jual beli online barang bekas yang populer di Indonesia dan bisa jadi alternatif, yakni Tokopedia. Di marketplace ini, kamu bisa menjual barang bekas ataupun barang baru sekalipun. Tokopedia menggunakan rekening bersama, sehingga transaksi yang kamu lakukan bisa berjalan dengan aman. Di samping itu, jumlah pengguna situs sangat tinggi, sehingga barang bekas yang kamu jajakan akan berpeluang untuk segera terjual dengan cepat.

3. Tinkerlust

Kalau barang bekasmu bermerek alias branded dan masih dalam kondisi bagus, situs jual beli online Tinkerlust bisa kamu jajal. Dalam proses penjualan di situs ini, kamu harus mengirimkan barangmu untuk dikurasi oleh pihak Tinkerlust. Jika barang bekasmu layak dan sesuai kriteria, maka barang tersebut akan disimpan dan dijual oleh pihak Tinkerlust. Namun jika ternyata dianggap tidak sesuai, maka barang tersebut akan dikembalikan ke alamatmu.

4. Carousell

Situs jual beli online asal Singapura ini patut dicoba. Carousell memungkinkan para penggunanya menjual barang bekas maupun barang baru, sehingga pilihan barang di situs ini cukup beragam. Hampir sama dengan situs belanja lainnya, Carousell menyediakan panel yang bisa kamu gunakan dengan mudah untuk mengunggah serta memajang barang bekasmu sesuai dengan kategori yang terdapat di situs tersebut.

Kamu bahkan tidak akan kesulitan, sebab situs ini begitu simpel dan sudah menyediakan layanan chat yang memudahkan kamu (pihak penjual) berkomunikasi dengan pembeli. Namun Carousell tidak menyediakan rekening bersama, sehingga transaksi pembayaran akan terjadi langsung terjadi di rekening pribadimu.

5. Belanja  Bekas

Situs Belanja Bekas cukup populer karena menyediakan beragam layanan lebih lengkap. Kamu bisa menjual barang bekasmu langsung kepada pembeli lain atau kamu menjualnya ke situs Belanjabekas.com saja. Sistem penjualan bisa dilakukan secara lelang, sehingga kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk barang bekasmu. Selain itu, marketplace ini juga menerapkan sistem deposit bagi penggunanya, sehingga transaksi jual beli bisa berjalan dengan lebih aman dan lancar.

Manfaatkan dan Jadikan Uang

Barang bekas tidak selalu menjadi masalah, jika kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Tunggu apalagi, segera keluarkan lagi barang-barang bekas atau tidak terpakai di kamar kamu, kemudian rapikan. Pilih barang yang masih layak, lalu foto, dan segera jual di situs jual beli online barang bekas. Ini bisa jadi peluang bisnis modal kecil, tapi bisa menghasilkan uang dengan cepat. Selamat mencoba.

Sumber www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA