Kesalahan Generasi Milenial Dalam Berbisnis

Kesalahan Generasi Milenial Dalam Berbisnis
Advertising Kesalahan dalam Berbisnis Kesalahan Memulai Bisnis

Bisnis selalu menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan. Bukan hanya kalangan tua saja, namun bisnis juga banyak menarik minat para generasi milenial.

Jika ditilik lebih jauh lagi, saat ini ada banyak yang sukses menjalankan bisnis meski usianya masih terbilang muda. Hal ini tentu cukup menarik, terutama bagi generasi milenial lainnya yang memiliki niat untuk segera terjun ke dunia bisnis.

Namun di dalam praktiknya, menjalankan bisnis tentu tidak selalu semudah yang dibayangkan, bukan? Untuk Anda generasi milenial yang ingin berbisnis, pastikan memiliki pemahaman dasar yang baik terkait bidang bisnis yang akan dijalankan.

Hal ini penting diperhatikan guna menghindari berbagai kendala atau bahkan kegagalan yang bisa saja datang setiap saat di dalam upaya menjalankan bisnis tersebut. Pemahaman yang baik dan juga eksekusi yang tepat tentu akan memungkinkan Anda untuk bisa lebih mudah meraih kesuksesan di dalam bisnis yang direncanakan.

Ada banyak kesalahpahaman yang kerap di lakukan generasi milenial dalam menjalankan bisnis, beberapa di antaranya bahkan terbilang cukup fatal. Jadi, bagi Anda para generasi milenial, hindari kesalahan pola pikir atau anggapan berikut ini bila ingin bisnis sukses.

1. Berpikir Hanya dengan Ide Terbaik, Bisnis Pasti akan Sukses

Untuk membangun sebuah bisnis, kepala akan dipenuhi dengan berbagai ide cemerlang. Namun, jangan pernah berpikir bahwa ide terbaik itu pasti akan membuat bisnis sukses.

Sebab ide-ide terbaik itu tidak pernah menjadi apapun jika Anda tidak pernah mengeksekusinya menjadi kenyataan. Karena sukses membutuhkan proses, bahkan proses ini bisa saja menjadi begitu panjang, sebelum akhirnya kesuksesan itu datang.

Jadi, Anda harus belajar dan melewati proses panjang untuk bisa membuat ide-ide cemerlang itu menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual. Maka, buang jauh-jauh pemikiran hanya dengan ide terbaik saja bisa membuat sebuah bisnis itu sukses.

2. Berpikir antara pendidikan dan dunia bisnis tidak saling berkaitan

Sebagian orang mungkin tidak menjalankan bisnis yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka. Atau, bahkan tidak pernah menyelesaikan pendidikan formal, namun mereka tetap sukses di dalam bisnisnya. Nah, untuk meraih kesuksesan di dalam bisnis, Anda mungkin saja tidak membutuhkan gelar. Namun sudah pasti Anda akan membutuhkan pengetahuan yang banyak terkait bisnis tersebut. Dalam hal ini, kemampuan berpikir Anda tentu akan didukung oleh pendidikan dan juga berbagai pelajaran di bangku kuliah, bukan? Jadi, jangan pernah berpikir tidak ada kaitannya pendidikan dengan kesuksesan sebuah bisnis.

3. Berpikir bahwa mereka yang lebih tua tidak inovatif

Generasi milenial memang dikenal dengan berbagai ide dan inovasi cemerlang juga segar, yang dibutuhkan untuk membangun kesuksesan bisnis. Namun kenyataannya, bisnis yang sukses pada umumnya dibesarkan dengan inovasi dan juga pengalaman orang-orang tua sebelumnya. Jadi, jangan pernah berpikir bahwa orang-orang yang lebih tua ini tidak punya inovasi dan tak akan mampu membuat sebuah bisnis itu sukses. Oleh karena itu, mengombinasikan keduanya, antara para generasi tua dengan milenial ini penting untuk membuat bisnis menjadi hebat dan sukses dalam waktu lebih cepat.

4. Mengajukan pinjaman modal hanya saat terdesak saja

Menjalankan bisnis dengan modal pas-pasan hanya karena tidak ingin punya utang memang sah-sah saja. Tapi bukan berarti kondisi ini harus dijadikan pilihan, karena kecukupan modal juga akan sangat memengaruhi keberhasilan sebuah bisnis. Ada banyak hal yang harus dibangun dalam bisnis dan semua itu membutuhkan modal. Tentu jumlahnya tentu sangat relatif tergantung pada jenis dan skala bisnis itu sendiri. Namun berapapun itu, mengajukan pinjaman modal sejak awal merupakan hal yang layak dipertimbangkan, selama pinjaman ini bisa berkontribusi banyak di dalam kesuksesan bisnis Anda.

5. Berpikir karyawan berprestasi tak perlu dikelola

Mempekerjakan karyawan yang profesional dan memiliki kapasitas terbaik adalah pilihan yang tepat. Namun dunia terus berkembang, termasuk dunia bisnis. Kendati memiliki prestasi yang luar biasa, para karyawan terbaik ini juga perlu dikelola untuk mengimbangi berbagai perubahan dan juga kemajuan yang terjadi di dalam bisnis itu sendiri. Pahami dan Hindari Anggapan yang Salah Dalam menjalankan bisnis dan ingin meraih sukses, pastikan Anda memahami serta bisa menghindari berbagai kesalahpahaman yang kerap dilakukan kaum milenial tersebut. Hal ini penting, agar langkah Anda untuk meraih kesuksesan di dalam bisnis bisa diwujudkan.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA