Ingin Sukses? Ikuti 9 Rahasia Sukses Berikut

Ingin Sukses? Ikuti 9 Rahasia Sukses Berikut
Advertising

Banyak jalan yang bisa dilakukan untuk menjadi orang terkaya di Indonesia. Kebanyakan orang memandang menjadi milyarder membutuhkan strategi-strategi tertentu. Tapi sebenarnya banyak kesuksesan mereka berasal dari langkah berulang yang bisa dilakukan siapa pun – dengan disertai kerja keras. Lalu, apa sebenarnya yang dilakukan oleh deretan orang terkaya tersebut setiap harinya? Berikut adalah beberapa rahasia sukses orang terkaya di Indonesia.

1.Memiliki pola pikir maju dan konsisten

Orang-orang sukses dan kaya mengadopsi pola pikir yang lebih maju daripada kebanyakan orang lainnya, mereka percaya bakat mereka tidak terbatas. Misalnya, jika mereka pandai dalam pemasaran, mereka tidak akan takut membiarkan diri terjun ke dalam suatu bidang bisnis baru, dan yakin mereka dapat memasarkannya.

Mengikuti pola pikir yang maju dan konsisten dimulai dengan melangkah keluar dari zona nyaman dan memiliki keyakinan akan kemampuan yang dimiliki. Yakinilah bahwa kemampuan yang kamu miliki merupakan sebuah aset yang bisa membuatmu menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia bahkan dunia.

2.Menetapkan tujuan yang jelas dan tepat

Hal mendasar yang menjadi prinsip orang terkaya di Indonesia bahkan dunia adalah memiliki tujuan yang akan dicapai dan telah ditetapkannya dengan jelas dan tepat. Hindari rasa takut akan kegagalan dengan menetapkan tujuan akhir yang ingin dicapai. Tujuan ini akan terus menjadi mesin penyemangat yang paling baik disaat halangan datang. Dengan tujuan yang dimiliki, kamu akan dengan sukarela menerobos segala permasalahan yang mungkin ada di depan.

3.Memulai berinvestasi sejak dini

Apakah yang dimiliki Chairul Tanjung bahkan Warren Buffett dan Richard Branson? Selain kekayaan dan kesuksesan mereka yang luar biasa, mereka semua memiliki rekening investasi. Kamu tidak akan bisa menjadi orang terkaya di Indonesia jika hanya dari gaji saja. Berinvestasi akan membantumu membangun pundi-pundi keuangan secara baik dan cepat.

4.Berkonsultasi dan bergaul dengan orang sukses

Ketika memiliki lingkungan yang positif dan berguru dengan orang yang tepat, tujuan dan cita-citamu akan lebih mudah digapai. Jika kamu berada di sekitar orang-orang sukses sepanjang hari, maka kamu akan memiliki sikap yang lebih baik dan mengikuti jejak mereka, atau sebaliknya. Pastikan lingkunganmu diisi oleh orang-orang yang membawa dampak positif bagimu.

5.Banyak membaca dan belajar

Studi ekstensif tentang orang kaya menunjukkan bahwa ini adalah satu hobi yang dimiliki semua orang yaitu membaca dan belajar. Belajar dan membaca memungkinkan kamu menjadi pembelajar yang konstan dan terbukti bisa menyalakan konsentrasi otak serta memperbaiki memori dan fokus. Jika Antoni Salim, Chairul Tanjung atau bahkan Bill Gates dan Warren Buffett bisa menemukan waktu untuk membaca dalam jadwal sibuk mereka setiap hari, kamu juga pasti bisa. Seperti yang dikemukakan Harvard Business Review, “selalu ada waktu luang di mana-mana” – seperti beberapa waktu yang kita habiskan untuk menonton TV atau main sosial media, pasti akan lebih baik jika dihabiskan dengan membaca dan belajar. Lebih produktif, bukan?

6.Bertindak tegas

Sebagian besar orang berasumsi bahwa individu yang menjadi orang kaya merupakan sosok yang oportunis ekstrim yang melompat ke setiap kesempatan untuk membuka jalan mereka. Namun, sesungguhnya mereka sedang mempertahankan aset mereka yang paling berharga dan tidak tergantikan, yaitu waktu.

Hal ini berarti berani mengatakan tidak pada hal yang salah sama seperti mengatakannya kepada yang benar. Intinya, kamu harus bertindak tegas dalam setiap kesempatan, tawaran dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

7.Menggandakan penghasilan

Menurutmu, apakah orang terkaya di Indonesia maupun dunia hanya punya satu sumber penghasilan? Mustahil. Pasti ada sumber penghasilan lainnya. Itulah yang namanya penghasilan pasif. Misalnya punya toko yang sudah berkembang, lalu bangun rumah kos untuk disewakan. Toko jadi sumber penghasilan utama, sementara rumah kos adalah pengganda. Intinya, penghasilan pasif mesti didapat dari kegiatan yang tidak bentrok dengan penghasilan utama. Jika kamu masih dalam tahap karyawan, maka kamu bisa memulainya dengan membuka jasa freelance, membuka usaha sampingan dan sebagainya.

8.Fokus pada aset terpenting

Upaya dan kerja kerasmu tak akan berguna bila tidak mampu fokus pada aset terpenting, yaitu diri sendiri. Seseorang haruslah terus belajar dan mengasah diri sebagai aset untuk menjadi kaya. Tanpa itu, orang bakal terjebak dan susah maju. Jadi, cobalah dengan fokus pada bakat dan potensimu kemudian cobalah mengembangkannya karena ketika kamu mengetahui bakat dan potensi nantinya akan terbuka jalan yang menghubungkan tujuan.

9.Membangun jaringan

Tidak mengherankan jika hampir tiga perempat orang kaya memiliki jaringan yang sangat besar. Yang perlu disadari adalah bahwa tidak ada orang yang lahir sebagai networker alami – dibutuhkan latihan. Untungnya, meski kamu introvert, Anda bisa melakukan networking dengan mengajukan pertanyaan yang benar dan menjadi pendengar yang aktif. Namun, tetaplah berusaha berteman dan membangun koneksi dengan banyak orang.

Nah, itulah tadi rahasia orang terkaya di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi dan Anda lakukan. Kekayaan dan kesuksesan bukanlah sekedar mimpi kok. Cobalah satu atau dua kebiasaan ini dan melakukannya secara berkala, dan sebelum kamu menyadarinya, pastilah hidupmu akan mengalami peningkatan yang cukup besar.

Sumber : shopback.co.id


Tentang Isti RWD