Ide Bisnis Momen Mudik Lebaran

Ide Bisnis Momen Mudik Lebaran
Advertising

Setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Fitri, kota-kota besar seperti ibu kota Jakarta akan mengalami momen mudik besar-besaran. Fenomena yang hanya hadir sekali dalam setahun ini tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Jika kamu ingin mendapatkan tambahan penghasilan untuk uang jajan selama liburan lebaran. Bisa memanfaatkan momen mudik ini dengan berbisnis musiman. Ini dia beberapa jenis usaha musiman yang bisa dilakukan dengan modal sedikit di musim mudik hari raya yang berhasil dirangkum berikut ini:

1. Rental Mobil

Jika kamu memiliki lebih dari 1 kendaraan pribadi dan tidak terlalu banyak memiliki rencana berpergian ketika liburan, lebih baik kendaraan kamu yang lainnya dijadikan alat bisnis dengan direntalkan ke tetangga atau teman yang membutuhkan kendaraan untuk pulang kampung.

Kamu bisa menyewakannya mulai dari Rp300rb – Rp 450 ribu per hari tergantung dari jenis mobil, jauhnya jarak lokasi tujuan dan kondisi medannya. Selain itu kamu jangan lupa untuk membuat surat jaminan yang resmi dan surat perjanjian mengenai jika terjadi cacat pada kendaraan semua harus ditanggung penuh oleh penyewa.

2. Membuat Parcel dan Jajanan Khas sebagai Oleh-Oleh

Kebanyakan orang yang akan mudik pasti akan membawa buah tangan yang bisa dibawa dari rumah ke kampung untuk keluarga dan sanak saudara disana. Kamu bisa membuka jasa parcel jika memiliki keahlian crafting yang cukup baik atau jika keahlian yang dimiliki adalah memasak atau baking, bisa mencoba membuat kue-kue kering atau jajanan khas untuk dijual.

Untuk sebuah parcel kamu bisa menjual Rp200rb – Rp500rb per unit nya tergantung dari custom yang diminta dan tingkat kesulitannya. Sedangkan untuk jajanan khas atau kue kering kamu bisa jugal Rp40rb – Rp70rb per toplesnya.

3. Membuka Jasa Penitipan Hewan

Jika kamu memiliki sanak saudara atau teman dekat yang tidak bisa membawa hewan peliharaan mereka ketika mudik karena menggunakan kendaraan umum seperti kereta atau pesawat inilah kesempatan kamu untuk memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha musiman yaitu dengan menawarkan diri untuk menjaga dan merawat hewan peliharaan mereka selama pulang kampung.

Jangan lupa untuk meminta biaya makan dan perawatan terlebih dahulu sebelum pemiliknya pergi. Agar kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun selama menjaga hewan peliharaan mereka. Untuk patokan harga jasa, biasanya tempat penitipan hewan biasanya menawarkan harga mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu tergantung dari jenis hewan peliharaannya.

Kamu juga bisa mematok harga dengan cara yang sama. Jika hewan yang harus dijaga seperti anjing ras berukuran besar yang memang butuh sedikit ekstra perhatian mintalah harga ratusan ribu perharinya, tapi jika hewannya kecil seperti kucing atau reptil yang hanya butuh dikasih makan secara rutin, kamu bisa menawarkan dengan lebih murah.

4. Jasa Titip Oleh-Oleh dari Kampung

Jika kampung halaman kamu adalah daerah-daerah yang memiliki banyak makanan dan oleh-oleh khas populer, kenapa tidak dibisniskan saja sekalian jalan-jalan bisa balik modal bahkan dapat untung. Cari tau apa yang sedang hype di kampung halaman kamu dan berpotensi besar untuk di jadikan bisnis jastip.

Contohnya, jika kamu mudik ke Medan, jajanan khas yang harus kamu open jastip adalah bolu meranti yang cuman bisa didapatkan di Medan. Kamu bisa menawarkan harga 10rb lebih mahal dari harga aslinya jika ingin di jadikan objek bisnis jastip. Seperti bolu meranti keju satuannya Rp60rb kamu jual dengan harga Rp70rb – Rp75rb.

5. Membuka Jasa Laundry Dadakan

Ketika musim mudik tiba-tiba, yang menjadi fenomena lain adalah para majikan yang harus turun tangan mengurus rumah karena ditinggal sang asisten rumah tangga yang mudik untuk sementara waktu dan ini termasuk kedalam mencuci dan setrika pakaian.

Nah, jika rencana cuti liburan kamu kebanyakan dihabiskan dirumah, daripada bengong lebih baik mencoba membuka jasa laundry untuk tetangga-tetangga atau teman kamu yang sedang ditinggal mudik. Jangan hanya mencuci biar bisa pasang harga lebih mahal dan lebih untung buka juga jasa menyetrika pakaian.

Karena masuk kedalam hal yang urgent kebanyakan orang tidak akan keberatan harus membayar sedikit lebih mahal bahkan dari harga laundry pada biasanya asalkan masalah cuci pakaian kotor bisa selesai dengan cepat dan mudah. Pasanglah harga seperti Rp50rb per kilo + setrika atau bisa lebih mahal lagi, semua tergantung dari kesulitan mencuci jenis pakaian tertentu.

Pasang Harga sesuai dengan Lokasi Dagang

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha apapun, lakukan dulu survei di lokasi tempat kamu akan berdagang. Survei lokasi penting untuk mematok berapa harga yang harus di pasang agar dagangan bisa laku dan terjangkau untuk dibeli oleh orang-orang yang tinggal di sekitar tempat dagang kamu.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA