Ide Bisnis Bagi Remaja

Ide Bisnis Bagi Remaja
Advertising

Memulai bisnis di usia muda menjadi hal yang sangat menarik dan patut untuk dicoba. Bayangkan, di usia yang masih remaja, kamu memiliki sebuah bisnis dan juga penghasilan sendiri.

Tak heran jika belakangan ini ada banyak remaja yang memulai bisnis pertama mereka sejak masih muda. Kamu tertarik untuk memulai bisnis di usiamu yang masih remaja?

Jika kamu berminat untuk terjun ke dalam sebuah bisnis, pastikan memilih jenis bisnis yang paling tepat. Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman dan merasa lebih siap untuk terjun ke dunia bisnis itu sendiri.

Pilihlah jenis bisnis yang kamu kenal dan pahami dengan baik. Jika bisnis dimulai dengan persiapan dan juga perencanaan yang matang sejak awal, maka kamu akan bisa mengelolanya dengan lebih mudah dan hasil maksimal.

Awali kesuksesanmu sejak masih muda. Berikut ide bisnis yang cocok untuk remaja yang bisa dijadikan sebagai pilihan:

1. Berjualan Kue Kering atau Camilan

Remaja dan camilan, ini menjadi dua hal yang akan sulit dipisahkan. Kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai ide bisnismu, apalagi jika ternyata kamu memiliki kemampuan yang baik dalam membuat kue kering dan camilan lainnya yang banyak disukai orang.

Pilihlah jenis kue kering atau camilan yang unik, enak, dan tidak membosankan. Sehingga kamu bisa memasarkannya dengan mudah dan tidak memiliki banyak saingan untuk jenis camilan yang sama. Jika ditekuni dengan serius, bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar.

2. Membuat Handycraft

Kamu punya kemampuan yang baik dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan? Atau, kamu mungkin bisa melihat dengan baik apa saja kerajinan tangan yang menarik dan bisa dijual dengan mudah? Jika iya, maka bisnis handycraft ini akan sangat cocok buat kamu.

Kamu bisa menuangkan semua kreatifitas di dalam produk-produk yang kamu ciptakan. Sehingga kamu bisa mendapatkan berbagai produk handycraft yang unik dan menarik. Semakin unik sebuah produk, maka tentu akan semakin mudah untuk mendapatkan pasar, bukan?

3. Menjadi Blogger

Menjadi blogger juga bisa dijadikan sebagai pilihan bisnis di usia kamu yang masih remaja. Di luar sana, ada banyak remaja yang sukses dan bisa mendatangkan banyak uang dengan cara yang satu ini. Tak salah jika jenis usaha ini sangat layak untuk dicoba kaum.

Pilih topik tertentu yang menarik yang akan kamu jadikan isi blog tersebut. Sehingga orang akan tertarik dan rajin berkunjung ke blog kamu. Melalui blog yang kamu miliki, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan lewat iklan yang terpasang di sana, tentunya jika jumlah pengunjung blog kamu cukup banyak.

4. Pengisi Acara

Bagi kamu yang memiliki kemampuan baik dalam menyanyi, maka bisnis yang satu ini sangat layak untuk dipilih. Kamu bisa menjadi pengisi acara untuk pesta ataupun berbagai acara lainnya yang diselenggarakan orang di sekitar lingkungan kamu.

Bukan hanya menyanyi saja, bisnis ini juga bisa dijalankan jika kamu memiliki berbagai talenta lainnya dengan membuat sebuah acara menjadi lebih seru dan menarik, seperti stand-up komedi, menari, dan lainnya.

5. Menjadi Freelancer

Pilihan bisnis sebagai seorang freelancer, akan sangat tepat bagi kamu yang memiliki keterampilan khusus di bidang tertantu. Ada banyak jenis keterampilan yang dapat kamu jadikan sebagai modal bisnis dan bisa mendatangkan pendapatan dengan cara menjadi freelancer.

Anda bisa menjadi programmer, admin sosial media, admin toko online, dan lainnya. Semua ini bisa kamu lakukan dari jarak jauh alias tidak harus berada di lokasi tertentu secara rutin. Kamu hanya membutuhkan keahlian dan juga layanan internet.

6. Usaha Bidang Fotografer

Menjadi seorang fotografer juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Terutama jika kamu memang memiliki kemampuan yang baik dalam membidik foto dan mencari tema tertentu yang menarik dan unik.

Penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis ini akan cukup besar, sebab jasa fotografer memang tidak bisa dikatakan murah. Jika ingin lebih simpel dan mudah dalam mendapatkan pesanan, kamu bisa bergabung dengan Event Organiser (EO) tertentu yang biasanya memiliki banyak proyek dan kerap membutuhkan tambahan jasa fotografer.

Namun jika ingin berbisnis mandiri, kamu bisa saja menwarkan jasa kamu secara online. Kamu bisa memanfaatkan sosial media kamu semaksimal mungkin, atau bahkan melakukan promosi dari mulut ke mulut.

7. Layanan Penitipan Hewan Peliharaan

Bisnis ini hanya akan cocok buat kamu yang suka dengan binatang peliharaan saja. Sebab tidak semua orang akan menyukai binatang peliharaan. Atau, meskipun suka, tidak semua jenis binatang akan disukai, bukan?

Jika membuka bisnis penitipan hewan peliharaan, pastikan kamu juga memiliki kemampuan yang baik dalam merawat dan menjaga mereka. Sehingga kamu tidak akan kebingungan dan kerepotan sendiri nantinya. Sebab, ada beberapa jenis hewan peliharaan mungkin akan membutuhkan perlakuan khusus.

8. Membuka Toko Online

Ini jenis bisnis yang sudah sangat banyak dijalankan oleh remaja seperti kamu, namun tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai bahan pertimbangan. Sebab bisnis online masih saja menjanjikan hingga sekarang. Pilih produk yang tepat dan bisa dijual dengan mudah, agar bisnis online kamu berjalan dengan baik dan lancar.

Memulai bisnis di usia yang sangat muda, akan memberikan kamu kesempatan untuk bisa sukses lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Kenali dan pilih jenis bisnis yang kamu kenal dan pahami dengan baik sejak awal, sehingga kamu bisa menjalankannya dengan lebih mudah dan terarah. Pilih ide bisnis yang menarik buatmu dan jadilah pengusaha muda yang sukses.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA