Hal Penting Yang Bisa Membuat Anda Sukses Sebagai Pemula

Hal Penting Yang Bisa Membuat Anda Sukses Sebagai Pemula
Advertising

Tidak ada satupun pebisnis yang menginginkan kegagalan, tentunya kesuksesanlah yang hanya diinginkannya. Apalagi jika sudah mengeluarkan banyak biaya untuk modal membangun bisnis tersebut. Pasti akan lebih hati-hati dalam menjalankannya karena takut ada kesalahan yang mengakibatkan kerugian.

Namun, pada kenyataannya tak sedikit orang yang mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya. Banyak hal yang menjadi penyebab kegagalan tersebut, misalnya saja kurangnya pengalaman sehingga terburu-buru mengambil keputusan, tidak pandai mengelola permintaan pelanggan dan masih banyak lagi.

Bagi pebisnis pemula tidak perlu takut dengan adanya permasalahan yang bisa menyebabkan kegagalan. Hal tersebut bisa dicegah dengan berbagai cara, di antaranya:

1. Fokus Pada Kelebihan Bisnis

Sebagai bisnis yang baru didirikan, tentu Anda harus menonjolkan dan tetap fokus pada apa yang menjadi kelebihan dari bisnis tersebut. Misalnya kualitas bagus harga murah, produk yang unik dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa cepat mengingat dan mengenal produk yang dijual.

Jangan lupa untuk terus meyakinkan masyarakat bahwa produk yang Anda jual memang lebih berkualitas bila dibandingkan dengan kompetitor. Selain itu, tentukan harga yang masuk akal sesuai dengan kualitas produk. Tak sedikit konsumen yang memiliki pikiran kritis jika suatu produk dibandrol dengan harga terlalu murah ataupun terlalu mahal dan tidak sesuai dengan kualitas.

2. Kesan Pertama sangat Menentukan

Pebisnis pemula harus berhati-hati dalam memberikan kesan pertama kepada pelanggan. Kesan pertama ini sangat berpengaruh akan keputusan mereka apakah selanjutnya akan membeli produk Anda lagi atau tidak. Mereka juga bisa saja mengatakan pendapatnya mengenai produk dan pelayanan Anda kepada kerabat yang secara tidak langsung sedang berusaha mempengaruhi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesan pertama pelanggan adalah dengan menawarkan produk tester. Berhati-hati dalam membuat dan meletakkan produk tester karenasangat menentukan bagaimana pandangan pelanggan terhadap produk yang dijual.

Selain itu, perhatikan juga pelayanan yang yang diberikan kepada pelanggan. Tidak ada gunanya, hanya menonjolkan kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau jika pelayanan yang diberikan buruk, pastinya pelanggan enggan untuk datang membeli produk Anda kembali.

3. Bekerja sesuai dengan Tujuan

Penentuan tujuan sebelum menjalankan sebuah bisnis sangat penting diperhatikan. Tujuan tersebut bisa menjadi kompas, mau kemana arah bisnis dijalankan. Selalu mengingat tujuan bisnis kepada karyawan juga penting dilakukan. Pastikan bahwa setiap langkah yang diputuskan memang mendukung tujuan awal dibentuknya bisnis tersebut.

Banyak bisnis yang berjalan tidak sesuai dengan tujuan yang dibentuk sebelumnya sehingga arah yang dituju menjadi tidak jelas. Mereka yang menjalankan bisnis hanya berdasarkan insting saja, padahal banyak faktor yang dapat mendukung bisnis menjadi sukses. Inilah yang sering menyebabkan kerugian pada bisnis, bahkan bisa berujung kebangkrutan.

4. Manfaatkan Teknologi

Di zaman yang super modern ini seharusnya bisa membuat Anda tidak gagap teknologi lagi. Berhenti menutup diri akan teknologi karena dengan memanfaatkan teknologi yang ada sangat membantu pada perkembangan dan kemajuan bisnis. Salah satunya dengan menggunakan media sosial untuk melakukan kegiatan promosi produk yang ditawarkan

Setiap hal yang dilakukan pasti memiliki resikonya masing-masing, termasuk dalam berbisnis. Banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis hanya karena ketakutan akan banyaknya risiko tersebut, salah satunya kegagalan. Namun, bila ini terus dipertahankankan tidak akan membuat Anda menjadi sukses.

Oleh karena itu, cobalah menghilangkan rasa takut secara perlahan-lahan dan mulai berpikiran terbuka. Anda hanya perlu waspada akan setiap kemungkinan yang akan terjadi secara tiba-tiba. Susunlah strategi yang tepat sejak awal untuk mencegah terjadinya kemungkinan buruk tersebut.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA