Hal Penting Ketika Memulai Bisnis Coffee Shop

Hal Penting Ketika Memulai Bisnis Coffee Shop
Advertising Tips Sukses

Dunia bisnis saat ini memang sedang sangat digemari masyarakat. Hal ini karena besarnya keuntungan yang diperoleh saat menjalankannya. Terlebih lagi adanya kebebasan atas diri sendiri karena pada dasarnya si pemilik bebas menentukan keputusan pada bisnis yang sedang dijalankannya. Akan tetapi, berbisnis bukanlah hal yang sepele. Jika tidak waspada dan tidak bijaksana dalam mengambil keputusan, maka Anda akan mengalami kerugian.

Tentu tidak ada orang yang ingin mengalami kerugian. Banyak upaya yang harus dilakukan untuk menghindari kerugian tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan rancangan bisnis yang ingin dijalankan. Jenis bisnis sangat banyak, contohnya bisnis Coffee Shop. Ini dia persiapan apa saja yang harus Anda lakukan saat ingin mendirikan sebuah coffee shop

1. Jumlah Modal yang Dimiliki

Tidak dapat dipungkiri bahwa modal sangat penting dalam membangun sebuah usaha. Dengan mengetahui jumlah modal yang dimiliki, Anda bisa memiliki gambaran mengenai bagaimana keadaan bisnis yang akan Anda dirikan tersebut. Modal tersebut dapat digunakan sebagai pondasi yang mendasari segala arus kas bisnis.

2. Menentukan Konsep

Pada usaha coffee shop, penentuan konsep merupakan salah satu tahap yang sangat penting. Saat menentukan konsep usaha, Anda harus memahami keinginan konsumen yang seperti apa perihal coffee shop.

Coffee shop cenderung digunakan sebagai tempat berkumpul bersama kerabat atau tempat menghilangkan beban pikiran sejenak. Oleh sebab itu, carilah konsep yang memungkinkan mereka untuk merasakan sensasi santai saat berada di coffee shop Anda.

3. Penentuan Tempat

Saat ingin mendirikan sebuah usaha, pastikanlah bahwa lokasinya sudah strategis. Lokasi strategis adalah lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Semakin strategis lokasi usaha, maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh pada tiap periodenya. Hal ini karena semakin banyak masyarakat yang mengetahui usaha Anda dan tertarik untuk mencoba hal yang dijual.

Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang dilewati oleh banyak orang, misalnya di pinggir jalan. Anda tidak harus menyewa gedung yang besar, cukup menyewa gedung yang sederhana namun tetap bisa membuat pelanggan merasa nyaman berlama-lama di coffee shop Anda.

4. Pilihan Menu

Selain ketiga aspek di atas, Anda juga harus memikirkan menu yang akan disediakan di coffee shop Anda. Buatlah macam-macam jenis kopi di bagian daftar menu. Akan lebih baik jika menciptakan nama kopi yang unik agar pelanggan merasa penasaran sehingga tertarik untuk membeli.

Rasa penasaran akan sebuah rasa sangat sering membuat seseorang rela mengeluarkan uang untuk membayarnya. Selain itu, akan lebih baik jika Anda menjual makanan berat dan makanan ringan. Hal ini agar pelanggan merasa bahwa coffee shop Anda cukup untuk memenuhi keinginan para pelanggan.

Mungkin pelanggan Anda datang bersama rombongan dimana beberapa di antara mereka tidak menyukai kopi. Dengan menyediakan makanan dan minuman lain, mereka akan mengurungkan niat untuk mencari tempat nongkrong yang lain.

5. Mengurus Perizinan

Segala sesuatu yang baru harus memiliki izin terlebih dahulu, termasuk usaha Anda. Oleh karena itu, jika memang sudah fix ingin mendirikan usaha, segeralah mengurus perizinannya. Jangan sampai usaha diberhentikan secara mendadak saat sedang sukses karena tidak ada perizinan untuk mendirikan usaha. Jadi jangan anggap sepele!

6. Mempersiapkan Perlengkapan Coffee Shop

Pastikan bahwa perlengkapan untuk menjalankan usaha coffee shop sudah terpenuhi. Anda bisa memilih perlengkapan yang multifungsi sehingga bisa lebih menghemat ruang. Selain bisa menghemat ruang, Anda tentu juga bisa menghemat biaya pembelian perlengkapan.Jangan sampai ada perlengkapan penting yang tidak terpenuhi, sekalipun itu sesederhana gantungan alat masak.

Mendirikan Usaha Memerlukan Kematangan Perancangan yang Baik

Merancang sesuatu sebelum menjalankannya sangat penting dilakukannya. Hal ini dimaksudkan agar mengetahui alur bisnis yang akan Anda jalankan. Apabila terdapat masalah, Anda akan lebih mudah mengatasinya karena saat merancang, Anda tentu juga mempersiapkan rencana lain untuk pencegahan kerugian. Selain kematangan juga perlu pembulatan tekat untuk tidak menyerah kalau-kalau ada masalah yang dialami nantinya.

Sumber : www.cermati.com


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA