Cara Mempromosikan Produk yang Paling Efektif

Cara Mempromosikan Produk yang Paling Efektif
Advertising

Cara Mempromosikan Produk yang Paling Efektif – Berhasil memulai bisnis, membuat toko online dan punya produk yang bagus hanyalah permulaan dalam dinamika bisnis online. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menjual produk tersebut, dan tentu saja Anda harus mempromosikannya.

Sangat disayangkan, banyak bisnis yang harus tutup di awal karena penjualannya stagnan padahal produk yang dijualnya bagus. Sebagian besar hal yang mempengaruhinya adalah karena metode pemasaran yang tidak efektif dalam menggaet pelanggan.

1. Tawarkan Diskon Khusus atau Trial Lewat Email Marketing

Email marketing sempat mulai ditinggalkan sebagai salah satu strategi pemasaran, padahal apabila dimanfaatkan dengan baik, cara mempromosikan produk lewat email marketing akan luar biasa besar efeknya. Untuk membangun subscribers, informasikan di website toko online .

Anda bahwa mereka yang berlangganan email akan mendapatkan diskon khusus atau produk trial saat produk Anda launch. Begitu jumlah email subscriber Anda semakin banyak, setiap kali ada produk baru, Anda bisa langsung mempromosikan produk tersebut ke mereka dan berikan diskon khusus agar mereka tertarik untuk segera membelinya.

2. Adakan Program Give Away

Cara ini memang sudah cukup umum dan cukup efektif di kalangan pebisnis online. Agar produk Anda semakin dikenal, biarkan orang-orang di luar sana mencobanya sendiri dan minta tanggapan mereka. Adakan Give Away setiap kali Anda meluncurkan produk baru baik di media sosial, toko online, email, dan sebagainya.

Wajibkan mereka untuk mengikuti media sosial dan mempromosikan produk Anda di masing-masing akun media sosial mereka. Semakin banyak orang yang ikut program Give Away Anda, semakin banyak orang yang akan mengenal produk Anda, begitu seterusnya.

3. Program Referral Juga Masih Sangat Efektif Dewasa Ini

Program referral merupakan teknik marketing dimana bisnis memberikan izin bagi pelanggan/pengguna untuk mempromosikan/menjual produk ke orang lain dan sebagai imbalannya, pengguna yang berhasil melakukan penjualan akan diberikan komisi.

Nyatanya, tak semua bisnis yang mengharuskan orang yang ingin mengikuti program referral menjadi pelanggan/pengguna terlebih dahulu. Jadi, di samping Anda menerapkan strategi marketing yang lain, orang-orang yang tergabung dalam program referral Anda di luar sana juga membantu mempromosikan produk Anda.

4. Kerja Sama dengan Blogger

Minta bantuan blogger yang berhubungan dengan topik bisnis Anda untuk melakukan review dan mempostingnya di blog mereka. Metode kemitraan dengan blogger ini juga bisa Anda kombinasikan dengan Give Awayatau Program Referral.

Anda bisa membayar jasa mereka untuk menulis review tentang produk Anda atau mengundang mereka untuk mengikuti Give Away dan Program Referral. Blogger masih menjadi influencer yang sangat berpengaruh dalam dunia digital marketing.

5. Kerja Sama dengan Influencer di Media Sosial

Entah itu Selebgram maupun Youtuber, bangun hubungan yang baik dengan influencer di masing-masing media sosial. Begitu Anda memiliki hubungan yang baik dengan mereka, Anda juga berpeluang untuk membangun citra yang baik di hadapan followers mereka.

Bila perlu, jadikan mereka brand ambassador untuk setiap produk Anda. Berikan mereka akses eksklusif terhadap produk Anda dan minta mereka untuk mempromosikannya di media sosial masing-masing.


6. Buat Video Promosional yang Singkat Namun Mampu dengan Jelas Memperkenalkan Produk Anda

Begitu mendengar pembuatan video, jangan hanya berpikir mengenai susahnya saja. Sekarang, membuat sebuah video promosional tidak sesusah dulu.

Atau apabila Anda memiliki anggaran yang cukup, sekalian saja minta bantuan agensi atau kreator video untuk membuat video promosional produk Anda dan unggah ke Youtube atau Facebook Video dan sebarkan di seluruh media promosional Anda seperti media sosial maupun toko online.

Tentang Isti RWD