Cara-Cara Mengelola Waktu Yang Baik Bagi Para Pengusaha

Cara-Cara Mengelola Waktu Yang Baik Bagi Para Pengusaha
Advertising

Waktu adalah uang. Banyak pengusaha yang merasa kesulitan dalam mengelola waktunya. Seberapa banyak waktu yang ada, bagi mereka pasti akan tetap kurang. Hal ini terjadi karena mereka memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan yang harus mereka selesaikan. Untuk memaksimalkan produktivitas dan mencapai target, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola waktu dengan baik.

1.Tetapkan Rutinitas Pagi

Rutinitas adalah hal penting yang baik dimulai saat Anda baru bangun dari tidur. Pengusaha sukses biasanya memiliki rutinitas pagi yang dilakukan secara konsisten. Misalnya melakukan olahraga, meditasi, menulis, membaca, memasak, berjalan di komplek, dan lain sebagainya. Untuk memiliki rutinitas pagi, pastikan Anda bangun lebih awal dan konsisten melakukan kegiatan yang sama setiap pagi.

2.Kerjakan yang Paling Sulit & Penting

Banyak orang yang memilih untuk mengerjakan suatu hal yang dirasa lebih mudah. Sedangkan kebanyakan orang sukses akan lebih memilih mengerjakan suatu hal yang dirasa paling sulit dan mendesak. Dengan begitu, Anda dapat mengerjakan pekerjaan sulit dengan pikiran yang masih fresh. Jadi, cobalah buat daftar prioritas setiap harinya dan mulai pekerjaan dari hal yang paling penting dan sulit.

3.Buat Jadwal yang Realistis

Banyak orang sukses sadar bahwa kejenuhan adalah hal yang nyata dan tidak dapat terhindari. Karena itu, banyak dari mereka membuat sebagian besar hari-hari mereka dengan banyak jadwal. Terkadang mereka harus pergi dari satu tempat ke tempat lainnya dan berpindah dari tugas A ke janji lainnya. Hal ini tentu tidak baik dilakukan terus menerus, karena dapat membuat Anda tidak fokus, sehingga menghambat tingkat produktivitas Anda. Cobalah menjadi lebih realistis mengenai tujuan yang bisa Anda capai dalam satu hari dan kurangi berkomitmen lebih untuk berbagai hal di hari yang sama.

4.Keluar Sebentar Agar Lebih Fokus

Stres adalah salah satu hal yang dapat menurunkan waktu produktivitas Anda. Selain menyebabkan kesehatan menjadi buruk, stres juga bisa membuat Anda kehilangan kontrol atas kemampuan konsentrasi. Hal ini tentu dapat merugikan diri Anda sekaligus bisnis. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk jalan keluar sebentar sekedar untuk menghirup udara segar atau olahraga kecil. Dengan begitu, Anda dapat fokus kembali, bahkan bisa mendapatkan perspektif baru yang mungkin bisa menjadi solusi masalah Anda.

Itulah empat cara pengusaha mengelola waktunya dengan baik. Dengan mengelola waktu, pengusaha dapat lebih produktif dalam menjalankan pekerjaan dan kegiatan bisnisnya. Selain mengelola waktu, pengusaha juga harus bisa mengelola keuangannya dengan baik. Dengan mengelola waktu dan keuangan, pengusaha dapat lebih mudah dalam mengembangkan bisnisnya.

Sumber : www.jurnal.id


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA