Bisnis Sampingan Untuk Orang Sibuk

Bisnis Sampingan Untuk Orang Sibuk
Advertising

Siapa sih yang gak pengin nambah pundi-pundi rupiah meski udah punya pendapatan tetap? Kalau ada kesempatan sih semua orang juga pasti mau. Gak heran cukup banyak yang ambil pekerjaan sampingan meski udah kerja full-time.

Salah satu pekerjaan sampingan yang sering direkomendasikan adalah jualan online. Bisa aja sih kamu coba ini. Tapi jualan online itu gak gampang, lho. Soalnya, udah terlalu banyak yang terjun di bisnis ini. Jadi kalau kamu baru mulai sekarang, bakal susah bersaing dengan yang udah lebih lama.

Selain itu, kamu juga butuh modal cukup besar buat memulai jualan online. Belum lagi kamu perlu cari supplier terpercaya atau malah bikin produk sendiri.

Daripada impian buat nambah pemasukan tertunda melulu, coba deh ide lain. Satu dari enam ide ini pasti ada deh yang bikin kamu kepincut buat langsung direalisasikan.

1. Penyedia jasa online

Beda dengan jualan, menyediakan jasa secara online jauh lebih mudah. Kamu gak perlu waktu banyak buat memikirkan bikin atau cari produk apa.

Yang kamu butuhkan adalah kemampuan menyelesaikan tugas sesuai tenggat. Tentu aja tugas tersebut yang udah jadi bidang keahlian kamu.

Misalnya aja, kamu punya kemampuan menulis artikel. Nah, kamu bisa tawarkan kemampuan itu lewat Internet. Beberapa situs seperti Projects.co.id dan Freelancer bisa jadi tempat kamu cari peruntungan. Di sana biasanya ada aja yang menawarkan proyek menulis. Selain itu, ada pula beberapa situs yang mencari kontributor buat mengisi konten web mereka.

2. Mengajar

Jadi pengajar cukup menggiurkan, lho. Kamu bisa jadi pengajar materi yang kamu kuasai. Misalnya kamu lulusan Sastra Inggris, ya kamu bisa menawarkan jasa les privat bahasa Inggris buat anak-anak sekolah. Atau kamu jago main alat musik? Tawarkan juga kemampuan kamu itu. Banyak yang mau, kok.

Yang kamu butuh tinggal perkiraan tarif aja. Soal ini kamu bisa cari-cari di Internet. Kalau baru mulai dan biar orang-orang tertarik, kamu bisa mematok tarif di bawah standar. Minta orang yang kamu ajar untuk merekomendasikan namamu ke teman-temannya. Semakin banyak yang kamu ajar, semakin banyak pendapatanmu.

3. Jadi blogger

Kalau kamu gak mau nulis sesuai permintaan orang lain, pilihan lain yang bisa kamu jajal adalah jadi blogger. Kamu bisa menulis sebebasnya soal apapun. Dan yang lebih penting, kamu juga bisa dapat uang dari sana.

Asal tahu aja, penghasilan seorang blogger gak sedikit, lho. Kalau kamu tekun, kamu bisa dapat beragam undangan acara dan kamu dibayar pula buat datang dan menuliskannya di blog. Dilansir dari Kumparan, penghasilan seorang blogger bisa mencapai jutaan rupiah!

Selain blogger, sebenarnya kamu bisa coba profesi sebagai Youtuber. Kamu bisa dapat uang dari endorse produk. Namun, jadi selebriti di media sosial seperti ini lebih sulit daripada jadi blogger. Kamu harus mampu membangun image, berusaha dapat follower yang banyak, dan punya keahlian lebih buat mengolah video supaya enak ditonton.

4. Fotografer

Kalau punya passion di bidang fotografi, kamu bisa manfaatkan ini sebagai sumber penghasilan tambahan. Kamu bisa menawarkan diri buat jadi fotografer di pernikahan teman. Selain itu, kamu pun bisa tawarkan diri buat memotret beberapa acara atau sekadar iseng.

Kalau portofilio makin lengkap, kamu bisa jadi makin percaya diri buat benar-benar menjual jasa fotografi pada orang lain. Kamu bisa manfaatkan sosial media kamu sebagai portofolio. Hitung-hitung nambah follower, iya kan?

5. Sedia katering kantor

Sediain katering, pasti bakal suka apalagi kalau lucu gini (tribunnews)
Sering bawa bekal ke kantor? Beberapa teman kamu mencicip masakan tersebut dan memujinya? Kesempatan banget, nih! Kamu bisa kasih kode ke mereka kalau kalau kamu available buat sediakan katering buat mereka.

Bayangkan misalnya kamu bisa dapat dua sampai lima pelanggan aja. Kalau satu box makanan dihargai Rp 20 ribu, kamu bisa dapat Rp 40 ribu hingga Rp 100 ribu dalam sehari. Uangnya bisa buat isi bensin atau ditabung untuk kebutuhan lain.

6. Cocok tanam atau beternak

Siapa bilang bercocok tanam atau beternak udah ketinggalan zaman? Kalau kamu emang punya lahan buat lakukan kegiatan itu, kenapa gak dicoba aja? Apalagi perawatannya gak ribet, bisa tetap kamu kerjakan meskipun kerja full-time.

Sebagai contoh aja, kamu bisa tanam daun pandan di lahan rumah. Daun tersebut gampang dibudidayakan, kok. Kamu cukup siram dua kali sehari dan kasih pupuk.

Daun ini cukup laku di pasar karena selain berguna untuk penyedap masakan, juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan tangan.

Gitu juga dengan beternak. Kamu bisa mulai dari hewan-hewan yang mungkin sanggup kamu pelihara. Misalnya, ayam kampung.

Dari daftar di atas, mana pekerjaan sampingan yang “kamu banget”? Cobain, deh. Meski berstatus karyawan, hal tersebut bukan halangan buat coba-coba dapat penghasilan tambahan.

Di mana ada kemauan, pasti ada jalan. Yang penting dicoba aja dulu, baru hasilnya ketahuan. Bener gak?

Sumber : www.moneysmart.id


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA