Bisnis Kaki Lima yang Bikin Kaya

Bisnis Kaki Lima yang Bikin Kaya
Advertising

Usaha kaki lima merupakan usaha yang dilakukan oleh orang-orang dengan ben­tuk berjualan kebutuhan sehari-hari, makanan, minuman atau jasa dengan modal yang relatif kecil dan bertempat di tepi jalan. Jenis-jenis usa­ha kaki lima memiliki banyak pilihan mulai dari kuliner, barang ataupun jasa sekalipun. Namun usaha kaki lima yang menjanjikan kebanyakan orang-orang memilih di bidang kuliner dengan bermacam jenis baik makanan ataupun minuman.

Usaha kuliner kaki lima memang terbukti mampu menguntungkan bagi penjual dan pembeli. Hal tersebut di­karenakan terjangkaunya media sewa untuk menjual kuliner kaki lima. Pada umumnya jenis usaha kaki lima lebih mudah untuk berkembang daripada usaha kuliner rumahan, karena tempat untuk menjajakan dagangan kaki lima biasanya selalu memiliki pelanggan setia karena tempatnya yang mudah diingat.Selain itu usaha kaki lima memiliki harga yang relatif murah dibanding­kan dengan usaha kuliner rumahan. Bahkan usaha kuliner kaki lima itu dijadikan batu loncatan untuk menjadi pengusaha kuliner yang mampu meraih tingkat kesuksesan tertinggi. Itulah mengapa usaha bisnis kuliner kaki lima menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Tetapi, merintis usaha kuliner kaki lima juga membutuhkan tips-tips tertentu sehingga usaha ter­sebut bisa meraih keuntungan yang diharapkan, tidak asal membuka usaha.

Pada saat ini perhati­an pemerintah kepada pedagang kaki lima cukup signifikan, terbukti dengan dibuatkannya tempat khu­sus pedagang atau usaha kaki lima.

Sejum­lah survei membukti­kan bahwa 80 persen pengusaha sukses ada­lah mereka yang memulai usaha dari hobi. Hobi ini kemudian dikembangkan hingga menjadi bisnis komersil.

Kelebihan dari usaha kaki lima adalah mudah dijalankan dan tidak membutuhkan modal besar, asalkan memiliki ketekunan, kesabaran dan kreativitas tinggi.

Beberapa contoh usaha kaki lima yang sukses antara lain Bakmi Raos, Es teller 77, dan sebagai­nya. Salah satu ciri bisnis kaki lima ada­lah harganya yang murah. pur/R-1

Perhatikan Hal-hal Berikut
Kunci sukses berbisnis kaki lima yaitu :

Modal usaha

Ada beberapa cara yang da­pat diusahakan untuk memperoleh modal,misalnya sistem bagi hasil de­ngan pihak, meminjam dana dari bank yang peduli terhadap perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Namun, seyogianya Anda memiliki simpanan, setidaknya 25 persen dari seluruh dana operasional.

Membangun kemampuan bersaing

Bangunlah kompetensi yang hebat dengan kompetiter. Jangan hindari atau mencurigai mereka, tetapi per­lakukan mereka sebagai rekan yang mendorong Anda berkarya lebih baik/kreatif.

Menciptakan pelanggan loyal

Bagi konsumen, kualitas pelayanan saat pertemuan pertama akan sangat menentukan pandangan mereka terha­dap usaha tersebut pada masa men­datang. Jika konsumen puas, sangat mungkin mereka akan datang lagi.

Pemasaran

Beberapa tips memasarkan bisnis kaki lima:

Pilihlah lokasi penjualan yang tepat sasaran.

Jagalah kebersihan tempat usaha Anda.

Bila bergerak di bidang jasa boga, buatlah paket menu yang unik dengan harga ekonomis

Jagalah mutu warung, saat Anda sudah berhasil.

Efisiensi biaya operasional dan manajemen stok
Pembukuan tetap mutlak diperlu­kan agar Anda mengetahui data sebe­rapa besar pemasukan dan pengeluar­an, sekaligus menekan pengeluaran yang tidak diperlukan.6. Pemilihan warna

Penataan warna di tempat usaha akan mempengaruhi semangat kerja.

Hijau cerah Cocok untuk usaha komputer, elektronika dan ilmu pengetahuan.

Biru Sesuai untuk kantor komunikasi, perjalanan, tranportasi, media periklanan.

Ungu Baik untuk kantor penjualan, humas, pemasaran, periklanan, mode dan hukum.

Hitam / cokelat Sesuai untuk real estate, bangun­an, barang-barang kebutuhan rumah tangga, pertanian, produksi makanan, pakaian, tembikar.

Merah Cocok untuk usaha yang ber­hubungan dengan akuntansi, keuangan, perbankan, perhiasan, logam, dunia hiburan.

Abu-abu Baik untuk usaha yang berhubung­an dengan manajemen, konsultan, dan politik.

Krem Sesuai untuk usaha minuman, air, kolam renang, pemancingan, kese­hatan, dan pengobatan.

Putih Cocok untuk usaha investasi, pro­perti, dan spekulasi.

Kuning Baik untuk usaha yang terkait de­ngan hukum, perpajakan, peme­rintahan.

Pilihan warna selain semakin mem­buat ruang usaha kita semakin menarik, juga akan memberikan kenyamanan psikologis kepada pelanggan sehing­ga akan memancing mereka untuk berkunjung kembali.

Sumber : www.koran-jakarta.com


Tentang Isti RWD