7 Jenis Usaha Waralaba Minuman

7 Jenis Usaha Waralaba Minuman
Advertising

Untuk memulai usaha tersebut biasanya dikenakan modal awal dari Rp 1 Juta hingga Rp 5 juta. Semuanya tergantung dengan pembelian paket waralaba yang Anda beli.

Jika anda berminat mengembangkan bisnis waralaba minuman, anda dapat membaca artikel kami sebelumnya yang mengulas ide usaha minuman kemasan yang potensial.

Untuk menentukan target pasar dari usaha ini pun tak sulit karena bisa ditempatkan di sekolah, kampu, mall, ataupun komplek perumahan.

Adapun jenis-jenis usaha waralaba minuman yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Minuman Es Dawet/Cendol
Seperti yang diketahui bersama, es dawet atau es cendol ini adalah sebuah minuman khas dari Indonesia yang memang familiar di wilayah Pulau Jawa.

Es cendol terbuat dari tepung yang dipadu padankan dengan gula merah, pandan, dan juga es. Minuman tersebut sangat cocok untuk menemani aktivotas Anda dikala cuaca yang sedang panas.

Es cendol bisa Anda temui di pusat perbelanjaan ibu kota, pasar tradisional, sekolah maupun komplek-komplek rumah. Belakangan ini, es cendol pun mulai dibisnsikan secara luas dengan menggunakan konsep usaha waralaba.

Contohnya saja, situs radjacendol.com membuka usaha waralaba cendol dengan varian toping dan juga modifikasi rasa yang unik.

Intinya visi yang ingin ditonjolkan adalah membudidayakan kuliner Indonesia dengan bahan kekinian yang bisa diterima dikalangan remaja sampai dewasa.

Untuk memulai usaha tersebut, modal yang bisa Anda keluarkan berkisar antara Rp 2 juta –hingga Rp 3 juta rupiah. Adapaun untuk satu cup cendol sendiri berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 12.000 tergantung toping yang digunakan.

Selain yang dimodifikasi, usaha cendol yang masih terlihat asli pun bisa Anda dapatkan di kota Bandung yaitu membeli bahan baku es cendol elisabeth yang terkenal dan legendaris. Tentunya untuk es cendol elisabeth tersebut tidak menyediakan booth hanya meneydiakan bahan bakunya saja.

Keduanya pun sama-sama menguntungkan dan modal usaha yang dikeluarkan pun cukup dengan modal yang kecil.

2. Es Capucino Cincau
Apa jadinya bila kopi capucino dicampur dengan minumam khas Indonesia yaitu cincau? Tentu saja rasa yang ditimbulkan sangat enak dan unik.

Dan itulah fenomena yang terhadi saat ini banyaknya bermunculan sebuah usaha warlaaba yang menjual es capucino cincau. Dua minuman yang pasti sebelumnya belum pernah terbayangkan.

Capucino dan cincau sendiri sangat cocok diminum ketika cuaca sedang panas. Keduanya bisa menghilangkan dahaga dan menambah kesegaran tersendiri bagi penikmatnya.

Karena latar belakang itulah, banyak pengusaha kuliner yang memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan kuliner unik namun menjanjikan.

Terbukti dengan adanya usaha waralaba berbahan dasar tersebut yang tersebar di Pula jawa dan kota besar lainnya yang ada di Indonesia.

Salah satu usaha waralaba es capucino cincau yang terkenal misalnya http://cappucinocincau.org/ yang memang menjual paket kemitraan usaha tersebut.

Modal yang bisa dikeluarkan untuk membuka usaha tersebut berkisar di angka Rp 5 juta dimana para pelaku usaha akan mendapatkan booth, bahan baku untuk membuat es capucino cincau tersebut, serta marketing tools yang digunakan untuk promosi.

Selain paket 5 juta, tersedia pula paket 2 juta yang tentu saja kapasitas yang diberikan kurang dari paket lengkap. Untuk penjualannya satu cup tersebut dijual seharga Rp 5.000 rupiah dimana harga dasar yang ditetapkan adalah Rp 2.600 rupiah.

Dalam sehari pun Anda bisa memilih paket penjualan cup berkisar antara 50 cup hingga 150 cup tergantung dari kemampuan serta analisa beli yang ada di sekitar Anda.

Namun, tak perlu khawatir karena sejatinya kedua paket tersebut bisa membuat usaha waralaba Anda menjadi menguntungkan.

3. Teh Tongji
Usaha minuman berikutnya adalah teh yang memang banyak ditemukan di Indonesia. Banyak teh di Indonesia membuat para pelaku bisnis dengan kreativitas mengubah rasa teh tersebut dengan beragam.

Contohnya saja usaha waralaba teh tongji yang biasanya banyak ditemukan di sekolah, pusat perbelanjaan, dan juga komplek perumahan.

Teh tersebut dimodifkasi sehingga bisa Anda temukan rasa teh yang berbeda dengan campuran cokelat, sirup, susu, dan bahan lainnya yang tampak membuat teh tongji menjadi unik.

Saat ini teh tongji sendiri selain memiliki outlet booth juga sudah dibuka outlet besar yang biasanya banyak dijumpai di pusat perbelanjaan.

Artinya, tongji ini memang sudah bukan usaha waralaba yang tak usah diragukan lagi kualitasnya.

Penjualan satu cup tongji biasanya dihargai Rp 5.000 dan jika Anda bergabung bersama kemitraan tersebut setiap booth akan dibekali 1.000 cup untuk penjualan.

4. Es Bubble Tea/Drink
Minuman berikutnya yan cukup familiar dan dijadikan usaha waralaba saat ini adalah bubble tea/drink. Sebuah miniman yang memang memiliki beragam rasa seperti coklat, kopi, teh buah, yang dicampur dengan butiran tapioca atau yang disebut dengan bubble.

Selain rasa yang tersedia di atas ada pula rasa lain hingga mencapai 30 varian rasa yang sangat disukai oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Biasanya booth bubble drink tersebut biasa ditemukan di pusat perbelanjaan ibu kota yang ada di Indonesia.

Untuk memulai usaha tersebut cukup mengeluarkan modal sebesar Rp 3,500,000 untuk paket lengkap yang dilengkapi booth. Dan juga paket Rp 2,700,000 untuk paket tanpa booth.

Harga yang dibanderol untuk satu cup minuman tersebut berkisar anatara Rp 6,000 hingga Rp 10,000 tergantung varian rasa yang diinginkan.

5. Es Sari Tebu
Es sari tebu merupakan salah satu minuman tradisional Indonesia yang patut Anda coba. Es sari tebu memang belum banyak dikenal oleh masyarakat terutama yang tinggal di pusat ibu kota.

Minuman ini memiliki citra rasa yang khas yaitu dari rasa yang segar dan bisa melepas dahaga dikala panas terik yang menyengat.

Belakangan ini, es tebu pun banyak dijumpai karena dijadikan bisnis waralaba yang ternyata cukup menjanjikan.

Para pelanggan pun dibuat takjub oleh pengolahan langsung tebu karena diolah langsung dari pohon bambu yang digiling oleh mesin khsusus. Untuk satu harga cup sari tebu biasanya dihargai dengan harga Rp 5.000

6. Kedai Kopi
Selain teh dan juga olahan kopi ada pula usaha waralaba khusus yang menjual kopi. Tentu saja usaha tersebut dinamakan dengan kedai kopi.

Seperti yang diketahui bersama, kopi ini adalah minuman yang bisa dinikmati oleh setiap kalangan, bisa dengan menggunakan kopi sachet sampai juga kopi asli.

Belakangan ini kedai kopi pun sudah marak ditemukan di sekitaran pusat perbelanjaan atau di tempat-tempat umum yang berada di pinggir jalan.

Contohnya saja seperti usaha waralaba kedai kopi torabika yang memang dibuat langsung oleh PT Mayora Indah Tbk, yaitu sebagai perusahaan yang memang konsen memproduksi perkopian di Indonesia.

Untuk memulai usaha tersebut, modal yang dikeluarkan minimal Rp 10 juta. Tentunya dengan modal tersebut pihak perusahaan akan menyuplai serta mendampingi para mitranya hingga bisa mandiri.

7. Es Juice
Es juice, minuman kesehatan yang cocok untuk semua kalangan tersebut saat ini pun sudah dibuat dengan konsep usaha waralaba.

Para pelaku usaha bisnis tersebut akan diberikan seperangkat bahan-bahan untuk penjualan yang sesuai dengan paket yang dipilih.

Untuk satu cup es juice pun dijual dengan harga yang berbeda-beda yaitu kisaran Rp 5.000 – Rp 15.000.

 

Sumber : folderbisnis.com


Tentang Isti RWD