5 Inspirasi Bisnis Untuk Calon Pembisnis Muda

5 Inspirasi Bisnis Untuk Calon Pembisnis Muda
Advertising

Menjadi seorang entrepreneur adalah keinginan banyak orang. Dengan ketekunan dan konsistensi, mengelola bisnis sendiri hingga sukses bisa mendatangkan omzet yang sangat besar tiap bulannya. Di sisi lain, kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Banyak hal yang harus disiapkan sebelum memulai berbisnis. Selain modal yang memadai, tentu saja kamu harus memiliki inspirasi bisnis untuk memilih bidang yang akan kamu jalankan. Membaca peluang bisnis dari tren pasar yang senantiasa berganti terkadang membutuhkan suatu keahlian sendiri. Bisnis yang sudah ada dan berkembang bisa menjadi sumber inspirasi bisnis bagi kamu yang ingin memulainya. Berikut 5 usaha yang bisa menjadi inspirasi bisnis untuk kamu.

1.Toko Kelontong Ramah Lingkungan

Inspirasi bisnis pertama ini sangat penting diterapkan di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan. Lingkungan adalah isu yang sedang hangat diperbincangkan namun dalam praktiknya malah dikesampingkan oleh banyak orang. Banyak pihak berlomba-lomba mencari solusi untuk menjaga kelestarian bumi, salah satunya tentang bagaimana cara mengurangi pembuangan sampah. Para entrepreneur pun tidak tinggal diam melihat peluang ini sebagai inspirasi bisnis mereka.

in.gredients, misalnya. Toko bahan makanan yang berlokasi di Austin, Texas, Amerika Serikat, ini mencoba menawarkan solusi dari masalah sampah kering yang jarang didaur ulang. Kamu pasti terbiasa melihat bahan makanan seperti buah-buahan, sayuran, daging, telur, dan susu dibungkus menggunakan wadah berbahan plastik, botol, kardus, dan styrofoam. Sebanyak 99% material yang digunakan untuk memproduksi wadah bahan makanan yang di jual di In.gredients diolah dari tempat pembuangan sampah. Toko ini juga mengklaim tidak pernah membuang makanan sejak tahun 2012. Dengan sistem seperti ini, in.gredients bisa memberi inspirasi bisnis berorientasi pelestarian lingkungan.

2.Coworking Space


Dengan kemudahan teknologi saat ini, orang-orang sudah tidak perlu lagi datang ke kantor untuk keperluan kerja atau bisnis sehari-hari. Kesadaran tentang hal ini, ditambah lagi biaya sewa lahan atau bangunan untuk kantor yang semakin hari semakin mahal, menciptakan inspirasi bisnis baru.

Inspirasi bisnis kali ini berasal dari WeWork, yang menyediakan ruang yang bisa digunakan sebagai kantor, dengan sistem langganan bulanan. Ruang ini biasa disewa oleh perusahaan-perusahaan besar untuk keperluan rapat atau mengerjakan proyek-proyek tertentu. Selain itu, para freelancer yang lebih suka bekerja di luar rumah untuk mendapat inspirasi juga biasa menggunakan ruang di WeWork. Perusahaan ini didirikan pada 2010, dan sudah memiliki cabang di banyak negara seperti Amerika Serikat, Israel, Belanda, dan Inggris. Apa yang dilakukan WeWork ini menjadi inspirasi bisnis bagi para pengusaha di Indonesia. Inspirasi bisnis coworking space seperti ini sekarang merambah kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

3.Tinder untuk Hewan Peliharaan

Terinspirasi oleh Tinder, inspirasi bisnis kali ini ialah sebuah aplikasi pencari pasangan untuk manusia. BarkBuddy menggunakan konsep bisnis yang sama untuk anjing peliharaan. Aplikasi BarkBuddy memudahkan kamu untuk menemukan dan mengadopsi anjiing yang cocok dengan keinginanmu. Kamu tinggal memasukkan informasi mengenai kriteria anjing favoritmu, kemudian aplikasi ini akan menawarkan beberapa profil anjing yang ada di area sekitarmu yang bisa kamu pilih dengan menggeser layar ke arah “yes” atau “no” yang juga terinspirasi oleh Tinder. Jika kamu sudah menentukan pilihan, buatlah janji dengan pemilik anjing tersebut menggunakan fitur di aplikasi tersebut.

4.Layanan Perawatan Ibu Hamil

Inspirasi bisnis berikutnya datang dari Bed Rest Concierge. Bisnis yang didirikan oleh Stephanie D. Johnson ini mencoba memahami kesulitan yang dialami ibu hamil. Mengandung bayi selama sembilan bulan memang melelahkan bagi kaum wanita, apalagi bagi ibu muda yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Belum lagi mengurusi bermacam tetek bengek perawatan bayi yang baru dilahirkan.

Bed Rest Concierge menyediakan perawatan terpadu untuk ibu hamil sejak sebelum hingga setelah melahirkan. Pelayanan yang ditawarkan oleh bisnis ini meliputi pencatatan akte kelahiran, mengumumkan kelahiran anak, desain interior kamar bayi, jasa antar popok, laundry, dan persiapan rumah sakit untuk kelahiran. Untuk ibu hamil dan menyusui yang ingin tetap tampil cantik dan menarik, Bed Rest Concierge juga menawarkan jasa tambahan seperti manicure, pedicure, dan perawatan wajah. Inspirasi bisnis ini tentu akan sangat membantu ibu-ibu muda yang ada di Indonesia saat ini.

5.Membuat Board Game Sendiri

Untuk kamu para penggemari board game atau card game, kini kamu bisa membuat desain permainan tersebut sesuai keinginanmu dengan bantuan The Game Crafter. Didirikan pada 2009 oleh J.T. Smith, Tavis Parker, dan Jamie Vrbsky, bisnis ini melayani kamu yang terinspirasi oleh Monopoly dan Clue untuk membuat board atau card game dengan versimu sendiri.

Jika kamu membayangkan merancang game adalah suatu pekerjaan yang rumit, The Game Crafter membuatnya lebih sederhana dengan menyediakan template, instruksi permainan, video, dan alat-alat lainnya yang memudahkan kamu dalam menciptakan produk game yang berkualitas dan menarik. Kamu juga bisa membeli game hasil rancanganmu sebanyak jumlah yang kamu inginkan. Mungkin setelah membaca inspirasi bisnis ini kamu berkeinginan untuk membuat bisnis serupa menggunakan permainan tradisional Indonesia?

 

Sumber : glints.com


Tentang Isti RWD